Begini Kronologi Kerusuhan Akibat BLT yang Terjadi di Madina
Pembakaran mobil oleh warga pada demo akibat pembagian BLT di Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara, Madina. (ANTARA)
News
Kab. Mandailing Natal

Begini Kronologi Kerusuhan Akibat BLT yang Terjadi di Madina

Rabu, 01 Juli 2020 10:13 WIB 01 Juli 2020, 10:13 WIB

INDOZONE.ID - Pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu di Desa Mompang Julu, Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal berakhir rusuh pada Senin (29/6) sore.

Massa melakukan aksi pemblokiran jalan, pelemparan benda asing ke arah polisi yang berjaga-jaga dan juga membakar satu unit mobil dinas Wakapolres. Akibat aksi itu, enam personel mengalami luka-luka.

Kepada Antara, Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi SIK menjelaskan bahwa pihaknya sudah mulai bertugas dengan persuasif ketika massa mulai melakukan aksi unjuk rasa pada pukul 10.00 WIB pagi.

Massa aksi yang juga melibatkan anak-anak, mahasiswa, kaum ibu yang menggendong bayi, dan para orangtua tidak memungkinkan bagi kepolisian untuk melakukan tindakan keras pada pengunjuk rasa.

Saat itu, Horas Tua beserta Wakapolres dan pejabat Polres Madina terus berupaya melakukan  koordinasi dengan tokoh masyarakat juga kordinator aksi agar mau membuka jalan yang diblokir.

Namun, massa aksi tidak mau membuka pemblokiran jalan sebelum tuntutan mereka, Kepala Desa, Hendri Hasibuan diberhentikan oleh bupati Madina.

Pemkab Madina melalui Sekda sebenarnya sudah meminta waktu lima hari agar tuntutan massa aksi dapat diproses. Akan tetapi, massa tidak menanggapinya dan upaya mediasi berakhir buntu hingga sore hari.

Lalu, Horas Tua terus melakukan usaha dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar membubarkan diri dan membuka blokir jalan karena hari sudah sore.

Namun pada sore itu, massa aksi mulai melemparkan benda asing kepada polisi yang berjaga-jaga. Melihat itu, personel yang bertugas langsung membentuk formasi untuk mengendalikan massa sebagai upaya melindungi masyarakat.

Wakapolres pun terjebak, mobilnya tertinggal, dan akhirnya mobilnya bersama sebuah mobil lainnya dibakar oleh massa aksi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU