Sempat Dilanda Cuaca Buruk, Pasokan Hasil Laut di Sumut Mulai Banyak Beredar di Pasar
Ilustrasi pasokan hasil laut. (Pixabay)
News
Kota Medan

Sempat Dilanda Cuaca Buruk, Pasokan Hasil Laut di Sumut Mulai Banyak Beredar di Pasar

Senin, 26 April 2021 09:42 WIB 26 April 2021, 09:42 WIB

INDOZONE.ID - Pasokan produk hasil laut di Sumatera Utara (Sumut) mulai pulih setelah sebelumnya sempat berkurang akibat adanya cuaca buruk.

"Sudah mulai ada hasil tangkapan nelayan sehingga hasil laut itu sudah mulai banyak beredar di pasar," ujar salah satu pedagang ikan di Medan, M Syafii melansir Antara, Senin (26/4).

Dia menyebutkan dengan mulai banyaknya hasil laut di pasar, maka harga komoditas tersebut cenderung tren menurun.

Misalnya, harga ikan gembung sudah bisa Rp45.000 per kg dari sebelumnya Rp60.000 per kg dan bahkan ikan itu nyaris tidak ada. Harga udang juga sudah bergerak turun dari Rp100.000 per kg menjadi Rp85.000 per kg.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Medan II, Edi Santoso, mengatakan, potensi hasil laut Sumut masih sangat besar.

Dia memberi contoh, dalam kegiatan Indonesia Satu Ekspor yang dilakukan serentak secara nasional, belum lama ini, Sumut berkontribusi besar atau sebanyak 672 ton.

Nilai ekspor 672 ton hasil perikanan dari Pelabuhan Belawan, Sumut senilai 4,235 juta dolar AS atau setara Rp61,8 miliar.

Menurut dia, hasil perikanan dari 14 unit pengolahan ikan (UPI) binaan SKIPM Medan II itu diekspor ke Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Serbia, Korea, Malaysia dan Singapura.

Artikel Menarik Lainnya:

Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US