Evakuasi Jenazah Suster Gabriela Maelani, Teroris KKB Tembaki TNI-Polri
TNI sedang Evakuasi Jenazah Suster Gabriela Maelani merupakan Korban Kekerasan KKB di Papua, Sabtu (18/9/2021). (foto/istimewa)
News
Nasional

Evakuasi Jenazah Suster Gabriela Maelani, Teroris KKB Tembaki TNI-Polri

Sabtu, 18 September 2021 14:57 WIB 18 September 2021, 14:57 WIB

INDOZONE.ID - Tim Gabungan TNI-Polri telah berhasil melakukan evakuasi jenazah suter Gabriela Maelani (22) yang merupakan korban kekerasan Kekompok Kriminal Bersenjata (KKB).  

Dalam keterangan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Mustafa Kamal, menyampaikan tim gabungan TNI-Polri telah berhasil menemukan jenazah suster Gabriella Maelani setelah berhari-hari hilang usai peristiwa penembakan yang dilakukan KKB.

Menurutnya, Jenazah suster tersebut ditemukan di dalam jurang dalam kondisi cukup mengenaskan karena diduga dianiaya oleh KKB Papua. Tidak hanya itu saja, evakuasi pun tidak jadi mudah, dikarenakan kondisi medan yang terjal dengan kemiringan 90 derajat dan kedalaman 300 meter lebih.

"Maka itu membuat personel yang bertugas mengalami kesulitan sehingga membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam untuk melakukan pengangkatan jenazah," tutur Kombes Polisi Ahmad Mustafa Kamal, seperti yang dikutip Indozone, Sabtu, (18/9/2021).

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa tim gabungan TNI-Polri sempat dihujani tembakan dari KKB yang sengaja menunggu di sisi lain jurang tersebut. akan tetapi, gangguan tersebut dapat diatasi oleh personel gabungan tersebut.

Kemudian, ia jelaskan juga bahwa jenazah suster tersebut, setelah dievakuasi akan diterbangkan ke Jayapura Papua siang ini, apabila cuaca dan keamanan mendukung.

Sementara dari, dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 172/PWY, sebelumnya pada Rabu (15/9), aparat TNI-Polri berhasil menemukan jenazah Suster Gabriela Maelani bersama rekannya suster Kristina Sampe Tonapa, yang selamat dari kejaran KKB Ngalum Kupel pimpinan Lamek Taplo Alipki Taplo.

Hingga Kamis kemarin, baru Kristina Sampe yang berhasil dievakuasi dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Lalu, tim evakuasi gabungan TNI dari Yonif RK 751/VJS , Yonif 403/WP dan Polsek Kiwirok membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk melaksanakan pengangkatan jenazah. Hal itu dikarenakan kondisi medan yang begitu sulit.

Namun hal tersebut tidak menjadikan halangan dan menurunkan semangat untuk segera melaksanakan evakuasi terhadap korban. Pada pukul 16.30 WIT jenazah korban berhasil diangkat dan diamankan di Pos Koramil Kiwirok.

 
 
 

Resahkan Warga Aek Natas, Buaya Muara Dievakuasi Balai BKSDA Sumut
Viral, Rekaman Video Ulama Melapor ke Kapolda Aceh: Mohon Diberantas Judi Online
KKB Lakukan Kekerasan Kepada Perawat, Ratusan Nakes Tanyakan Peran HAM di Papua

TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU