Tanggapi Video Viral Harimau Kurus, Putri Jokowi Sumbang Daging
Kahiyang Ayu, istri Wali Kota Medan yang juga merupakan putri Presiden Jokowi (Istimewa)
News
Kota Medan

Tanggapi Video Viral Harimau Kurus, Putri Jokowi Sumbang Daging

Sabtu, 25 September 2021 11:14 WIB 25 September 2021, 11:14 WIB

INDOZONE.ID - Baru-baru ini beredar video yang memperlihatkan seekor harimau tampak kurus kering dan makan rumput. Pengunggah menyebut harimau yang terlihat kurus itu berada di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo. Bahkan pengunggah juga menyebut hewan-hewan yang berada di Medan Zoo tidak terawat.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution angkat bicara, kepada awak media. Dia menuturkan, istrinya yang juga merupakan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, akan menyumbang daging untuk makanan harimau kurus itu.

"Kemarin Ibu Wali Kota mau memberikan atau menyumbangkan langsung daging ataupun ayam. Ini kita tunggu saja," katanya, Jumat (24/9/2021).

Menantu Presiden itu pun mengatakan, sejauh sepengetahuannya makanan satwa di Medan Zoo berasal dari dana CSR (corporate social responsibility) perusahaan-perusahaan. Karena itu, ia berjanji bakal memperbaiki manajemen kebun binatang tersebut.

"Cuma kalau untuk manajemennya harus kita perbaiki lagi. Pengelolaannya itu kan sudah dalam bentuk badan usaha. Harusnya dikelola, namun hari ini kita tahu bagaimana pengelolaannya masih minim, jadi kesulitan-kesulitan sering kali terjadi. Makanya banyak yang memberikan sumbangan, banyak yang memberikan CSR untuk harimau dan satwa lainnya," ucapnya. 

Selain itu, dia menjelaskan dirinya telah melantik direksi baru Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan, yang membawahi Kebun Binatang Medan. Ia berharap direksi PUD tersebut bisa meningkatkan apa yang telah ditargetkan Pemko Medan.

"Kita sudah tetapkan direksinya, sudah saya tetapkan direksinya, dan poin-poinnya, itu tetap kita minta membangkitkan PUD (perusahaan umum daerah) kita harus meningkatkan apa yang sudah kita buat sampai dengan hari ini," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Medan, Rajuddin Sagala juga memberikan respon terkait kondisi satwa di Medan Zoo. Ia  meminta pengelola kebun binatang memberikan perawatan yang terbaik ke satwa yang ada. Ia juga meminta Pemko Medan seger mengevaluasi manajemen kebun binatang itu.

"Kita meminta agar Pemko Medan mengevaluasi pegawai, manajemen, yang mengurusi persoalan binatang di kebun binatang ini. Maunya binatang ini dirawat dengan baik," tutur Rajuddin.

Adapun dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut telah mengkonfirmasi kebenaran video tersebut. BKSDA menduga harimau itu sedang sakit.

"Kondisi harimau yang fotonya viral semalam saat ini sedang sakit," kata Plt Kepala BKSDA Sumut, Irsal Azhar. 

Irsan mengungkap harimau itu sedang mengalami gangguan pencernaan. Dia mengaku mendapat informasi tersebut dari tim dokter hewan di Medan Zoo.

"Karena gangguan pencernaan dan cacingan menurut dokter hewan di Medan Zoo," tuturnya.

Ia juga menyebut harimau itu sedang menjalani perawatan oleh dokter hewan. BKSDA saat ini telah mengirim tim untuk mengecek kondisi harimau kurus tersebut.

"Kami sudah turunkan tim pagi ini ke Medan Zoo untuk memeriksa kondisi harimau Sumatera di sana. Kami sedang menunggu hasil tim," jelasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Terima Enam Ekor Siamang, BBKSDA Sumut akan Lepasliarkan
Drum Bocor, Dapur Minyak Mentah di Langkat Terbakar
Gedung Perpustakaan Lama Unimed Terbakar, Api Berhasil Padam dalam 30 Detik

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US