Gubernur Edy Minta Tanah di Humbahas yang Baru Dapat Sertifikat Untuk Tak Diperjualbelikan
Gubernur Edy Rahmayadi. (Instagram/edy_rahmayadi)
News
Kab. Humbang Hasudutan

Gubernur Edy Minta Tanah di Humbahas yang Baru Dapat Sertifikat Untuk Tak Diperjualbelikan

Rabu, 28 Oktober 2020 10:35 WIB 28 Oktober 2020, 10:35 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta kepada warga di Humbang Hasundutan yang tanahnya baru mendapat sertifikat dari Presiden Jokowi untuk tidak diperjualbelikan, melainkan diwariskan ke anak.

"Pastinya kita berharap rakyat ikut membesarkan pertanian ini. Tetapi (sertifikat) tidak boleh diperjualbelikan. Yang boleh diwariskan ke anaknya, jadi dia berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat," ujar Edy dalam acara penyerahan sertifikat tanah oleh Presiden Jokowi di Stadion Simangaronsang Doloksanggul, Selasa (27/10).

Menurut Edy, dengan diberikannya sertifikat tersebut, maka setiap warga memiliki kekuatan hukum atas hak milik tanah. Sehingga dengan demikian, warga bisa bebas memanfaatkan tanahnya untuk lahan pertanian maupun peternakan.

"Sertifikat ini sangat membantu karena dia punya kepastian hukum untuk keadilan. Selama ini belum punya legalitas atas tanah. Sekarang masyarakat bisa berbuat di lahannya dengan upaya yang beragam untuk pertanian dan peternakan," kata dia.

Pemberian sertifikat tanah ini juga merupakan bagian dari pengembangan pertanian dan peternakan di Sumut agar lebih dapat menyejahterakan petani.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo menyerahkan 22.007 sertifikat hak atas tanah untuk rakyat. Dalam acara penyerahan itu, turut hadir juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menegaskan bahwa kepemilikan hak atas tanah wajib dibuktikan dengan sertifikat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US