Arab Saudi Akan Izinkan Kembali Ibadah Umrah, Tapi Untuk Jemaah Lokal Saja
Pelaksanaan ibadah Haji 2020 di tengah pandemi virus corona. (Saudi Ministry Media of Saudi via REUTERS)
News
Internasional

Arab Saudi Akan Izinkan Kembali Ibadah Umrah, Tapi Untuk Jemaah Lokal Saja

Rabu, 16 September 2020 18:08 WIB 16 September 2020, 18:08 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Arab Saudi akan segera mengizinkan kembali pelaksanaan ibadah umrah di dua kota suci umat Islam, yakni Mekkah dan Madinah. Namun, ibadah umrah hanya diperuntukkan bagi jemaah lokal saja.

Dalam laporan kantor berita setempat Saudi Gazette menyebutkan bahwa para jemaah diharuskan memiliki sertifikat medis yang menerangkan bahwa mereka negatif virus corona.

Nantinya, pelaksanaan umrah akan mengikuti penerapan protokol kesehatan secara ketat sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19.

Dalam waktu dekat ini, Kementerian Haji dan Umrah Saudi akan mengumumkan syarat dan ketentuan bagi pelaksanaan umrah.

Menurut sebuah kabar, pemerintah Saudi akan menggunakan aplikasi seluler yang nantinya dipakai untuk menentukan tanggal dan waktu pelaksanaan ibadah umrah oleh setiap jemaah.

Sementara itu, jemaah yang hendak melaksanakan ibadah umrah terlebih dahulu harus mendapatkan izin dari otoritas terkait. Izin akan dikeluarkan jika calon jemaah memenuhi syarat dan ketentuan.

Sebelumnya, Saudi membuka pelaksanaan ibadah haji dengan melakukan pembatasan jumlah jemaah, yakni hanya 10 ribu jemaah.

Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Haji Hussein Al-Sharif mengaku pihaknya tengah mengevaluasi pengalaman keberhasilan melaksanakan ibadah haji di tengah pandemi corona.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU