Setop Makan Daging Anjing! Ini Bahayanya Jika Kamu Terus Mengonsumsinya
Ilustrasi anjing. (Pixabay)
News
Nasional

Setop Makan Daging Anjing! Ini Bahayanya Jika Kamu Terus Mengonsumsinya

Senin, 09 November 2020 19:07 WIB 09 November 2020, 19:07 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) mengingatkan kepada masyarakat betapa bahayanya mengonsumsi daging anjing.

"Mengonsumsi daging anjing berisiko membawa penyakit Rabies, E coli, Salmonella spp, Kolera dan Trichinellosis," kata Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Ditjen PKH Kementan Syamsul Maarif melansir Antara, Senin (9/11).

Syamsul sendiri tidak memungkiri bahwa masih ada budaya dan kebiasaan di sejumlah daerah seperti di Sulawesi Utara, Maluku, Yogyakarta, Solo, dan Sumatera Utara yang hingga kini masyarakatnya masih mengonsumsi daging anjing.

Tidak hanya itu, ada juga kepercayaan di masyarakat yang mengatakan daging anjing dapat bermanfaat sebagai obat.

Dikatakan Syamsul, jika melihat definisi pangan berdasarkan UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, maka daging anjing bukanlah bagian dari produk pangan, karena anjing bukan hewan peternakan dan kehutanan.

Sedangkan, dari aspek kesejahteraan hewan diatur dalam UU Nomor 18/2009 Juncto UU No. 41/2014 serta diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah Nomor 95/2012 tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan.

Berdasarkan UU Nomor 41/2014, jika terjadi pelanggaran mengenai proses pemotongan anjing dengan cara menyakitkan dan dianiaya, sesuai Pasal 91B dan Pasal 302 KUHP,  pelaku bisa dipidana 1-6 bulan denda Rp 1-5 Juta.

“Persoalannya prilaku manusia dalam lalu lintas perdagangan anjing yang dilakukan umumnya tidak sesuai prosedur, bahkan melalui jalur tanpa pengawasan,” ujar dia.

Menurut Syamsul, penjualan anjing atau daging anjing sebenarnya dapat dibatasi melalui edukasi/pendekatan secara perlahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU