Intensitas Hujan Meningkat, KAI Sumut Siagakan 83 Petugas di 16 Titik Rawan Kecelakaan
Petugas khusus KAI di Sumut sedang memeriksa rel dan menyiapkan AMUSdi lintas KAI. (ANTARA/Istimewa (Diskominfo)
News
Kota Medan

Intensitas Hujan Meningkat, KAI Sumut Siagakan 83 Petugas di 16 Titik Rawan Kecelakaan

Kamis, 28 Oktober 2021 11:30 WIB 28 Oktober 2021, 11:30 WIB

INDOZONE.ID - Meningkatnya intensitas hujan di wilayah Sumatera Utara (Sumut) membuat Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre 1 Sumut mengambil langkah antisipasi dengan menempatkan 83 petugas di 16 titik rawan kecelakaan. Hal itu dilakukan guna meminimalkan gangguan yang dapat menghambat perjalanan kereta api.

"Menghadapi intensitas curah hujan yang tinggi, manajemen KAI melakukan berbagai langkah antisipasi seperti penyiapan petugas khusus untuk meminimalkan gangguan yang dapat menghambat perjalanan KA," ujar Vice President PT KAI Sumut, Yuskal Setiawan, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (28/10/2021).

Ia menuturkan sebanyak 83 petugas khusus tersebut ditugaskan 24 jam untuk memeriksa jalur sebagai antisipasi apabila terjadi cuaca buruk.

“Petugas bertugas selama 24 jam serta menyebar di berbagai titik. KAI Divre I, memiliki 16 titik rawan yang dinilai memiliki potensi bahaya, mulai dari banjir, amblesan, hingga tanah longsor,” bebernya.

Ia menjelaskan, 16 titik rawan tersebut terdiri dari satu titik di wilayah Belawan, satu titik di Araskabu, dua titik di kawasan Tebingtinggi.

Lalu tiga titik di wilayah Siantar, tiga titik di Perlanaan, satu titik di Sei Bejangkar, satu titik di Kisaran. Satu titik di wilayah Teluk Dalam dan tiga titik di wilayah Mambang Muda.

Tak hanya menyiapkan petugas siaga, ia menambahkan PT KAI Sumut  juga menyediakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun.

“Adapun untuk antisipasi dari sisi material perbaikan jalur KA, Divre I Sumut telah menempatkan AMUS di 17 titik,” katanya. 

AMUS tersebut berupa pasir, bantalan rel, peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Temper (MTT) yang digunakan untuk merawat serta memelihara kondisi jalur rel agar tetap layak dilintasi oleh kereta api.

Lebih lanjut, menurutnya, semua usaha antisipasi tersebut dilakukan PT KAI sebagai wujud komitmen memberikan pelayanan terbaik. 

“KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan setia KAI. Di musim hujan ini, KAI bekerja ekstra untuk memastikan perjalanan kereta api di Divre I Sumut berjalan dengan selamat dan lancar,” pungkas Yuskal Setiawan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU