Kemenag Sumut Belum Terima Informasi Adanya Calon Jamaah yang Ambil Dana Haji
Kanwil Kemenag Sumut. (Google Maps)
News
Kota Medan

Kemenag Sumut Belum Terima Informasi Adanya Calon Jamaah yang Ambil Dana Haji

Senin, 07 Juni 2021 09:37 WIB 07 Juni 2021, 09:37 WIB

INDOZONE.ID - Kanwil Kemenag Sumut mengakui belum terima informasi terkait adanya calon jamaah haji yang batal berangkat mengambil dana haji yang telah disetorkan ke pemerintah.

Melansir Antara, Senin (7/6) Kepala Seksi (Kasi) Bina Haji Reguler dan Advokasi Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumut Farhan Indra mengatakan kalau seandainya ada calon jamaah yang mengambil dana haji, tentu pengambilan dana tersebut harus melalui mekanisme yang berlaku.

"Jika calon jamaah haji itu mengambil dana setoran haji. Mereka akan mengambilnya dimana waktu menyetorkan dana haji tersebut," kata dia.

Ketida ditanya jumlah calon jamaah haji asal Sumut yang batal berangkat, Farhan menyebutkan ada sekitar 8.150 orang. Jumlah itu berasal dari berbagai kabupaten/kota yang ada di Sumut.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenag memutuskan tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2021.

"Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia," ujar Menag Yaqut Cholil Qoumas beberapa waktu lalu.

Pembatalan pemberangkatan jamaah haji itu berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 660/2021.

Keputusan tersebut juga diambil setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti DPR RI, kementerian/lembaga, organisasi keagamaan, asosiasi travel, dan sejumlah unsur lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US