Pemko Medan Tak Akan Suntikan Modal ke BUMD, Bobby: Tak Boleh Manja
Wali Kota Medan Bobby Nasution (ANTARA/Andika Syahputra)
News
Kota Medan

Pemko Medan Tak Akan Suntikan Modal ke BUMD, Bobby: Tak Boleh Manja

Rabu, 29 September 2021 18:21 WIB 29 September 2021, 18:21 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan Bobby Nasution menegaskan Pemerintah Kota (Pemko) tidak akan memberikan suntikan modal kepada tiga badan usaha milik daerah (BUMD). Ia meminta direksi BUMD yang baru dilantik untuk berinovasi. 

"Kami memandang perusahaan daerah tidak boleh manja, inovasi ini sangat diperlukan bagaimana dia bisa bersaing, karena sudah banyak juga jenis-jenis perusahaan seperti perusahaan daerah kita," ujarnya, dikutip Indozone dari Antara, Rabu (29/9/2021). 

Menurut orang nomor satu di Kota Medan tersebut, direksi yang ada harus memiliki ide dalam pengembangan unit usaha agar tidak hanya sekedar mengharapkan suntikan modal dari pemerintah daerah.

"Hal-hal ini yang harus bisa dimiliki oleh direksi-direksi yang baru kita lantik atau kita kukuhkan, jadi jangan hanya berharap dari uang daerah tapi bagaimana nilai usahanya itu bisa lebih tinggi sehingga bisa mendatangkan pemodal dari luar daerah," terangnya.

Menantu Presiden Jokowi itu turut memberi contoh seperti keberadaan Medan Zoo yang belum mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Padahal, Medan Zoo sendiri merupakan salah satu unit usaha Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan.

"Harusnya Medan Zoo ini bisa menghasilkan PAD, tapi sampai hari ini belum, terlebih di masa pandemi COVID-19. Kita paham kita tidak bisa serta-merta menyalahkan Medan Zoo nya. Karena memang saat PPKM level 4 dan darurat itu memang tidak boleh dibuka jadi tidak ada pemasukan sama sekali, jadi kemarin memang ada kesulitan," jelasnya.

Meski begitu ia optimis Medan Zoo kedepan bisa menjadi usaha yang menyumbang pendapatan. Apalagi Medan Zoo memiliki lahan yang luas, sehingga dapat dipergunakan untuk mengembangkan usaha.

"Kami bilang kemarin silakan kalau mau dikembangkan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga silakan, jangan menutup diri. Harus bisa bekerjasama untuk meningkatkan nilai usahanya," terangnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Terjatuh dari Perahu, Nelayan di Batubara Hilang Tersapu Ombak
Jelang Hari Kesaktian Pancasila, PP Sumut dan PMI Medan Lakukan Donor Darah
Dear Mahasiswa Akhir, Ini Pesan Wagub DKI

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU