Cuaca Ekstrem Bikin Ribuan Ternak Lele di Tapsel Mati Mendadak, Petani Merugi
Bupati Tapsel H Dolly P.Pasaribu meninjau ribuan bibit ikan lele kelompok tani mati mendadak diduga akibat cuaca ekstrem di Kecamatan Tantom Angkola. (Antara)
News
Kab. Tapanuli Selatan

Cuaca Ekstrem Bikin Ribuan Ternak Lele di Tapsel Mati Mendadak, Petani Merugi

Kamis, 22 April 2021 10:06 WIB 22 April 2021, 10:06 WIB

INDOZONE.ID - Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini membuat ribuan ternak ikan lele mati mendadak di Kecamatan Tantom Angkola, Tapanuli Selatan (Tapsel). Akibatnya kelompok tani setempat 'Mina Lele' mengalami kerugian yang cukup besar.

Melansir Antara, Kamis (22/4), berdasarkan keterangan Plt Kadis Perikanan Tapsel yang diterima dari Humas Pemkab Tapsel, kematian mendadak rinuan ikan lele itu diakibatkan cuaca yang berubah-ubah.

Sehingga ikan lele tidak mampu menyesuaikan dengan cuaca yang terkadang panas dan sebaliknya.

Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu menyarankan agar Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian maupun pihak Perikanan sigap melihat kondisi yang dialami petani. Mulai dari debit air, kapasitas jumlah bibit dalam kolam dan lainnya.

"Pemkab Tapsel juga mendorong asuransi petani agar kerugian petani cepat di klaim. Disamping akan berupaya kuat mencari dana-dana program pemerintah pusat dan propinsi," katanya.

Sementara Kabid Produksi Dinas Perikanan Tapsel, Mansyardin menyarankan di masa cuaca yang ekstrem agar petani ikan dapat memerhatikan air kolam dengan menyiramkan garam ikan yang tidak beryodium. Tujuannya juga bisa menetralisir suhu air.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US