Viral Roy Manalu, Mahir Bermain Sulim Walau Punya Keterbatasan Fisik
Roy Manalu. (Facebook/Roy M. Manalu)
Music
Kab. Dairi

Viral Roy Manalu, Mahir Bermain Sulim Walau Punya Keterbatasan Fisik

Selasa, 21 April 2020 13:08 WIB 21 April 2020, 13:08 WIB

INDOZONE.ID - Roy Manalu menjadi viral karena kemampuannya bermain sulim (seruling Batak). Dengan lihai jari tangannya, seolah menari-nari di atas sulim, saat memainkan lagu Batak, juga sejumlah lagu rohani.

Dalam setiap penampilannya, Roy duduk di lantai dan kadang di atas kursi plastik dan mulai memainkan sejumlah lagu dengan sulim. Berbagai komentar pujian dia terima atas video penampilan yang dia unggah di media sosial.

Bahkan, karena kemampuannya yang luar biasa itu, dia pun sudah beberapa kali diajak berkolaborasi. Lalu video penampilannya dibagikan di media sosial.

Lumpuh Sejak Kecil

Dalam sebuah postingan Roy Manalu menjelaskan siapa dirinya.

"Perkenalkan namaku Roy Marguna Manalu. Kek ginilah aku sejak lahir. Aku mengalami lumpuh layu yang membuatku tak bisa berjalan seperti orang normal. Ya Sudah 32 tahun aku menjalani hari2 ku seperti ini," tulisnya di akun Facebook-nya. Roy Manalu.

"Meskipun demikian aku tidak putus asa dan selalu semangat. Keadaan yg kualami membuatku semua harus belajar melakukan semuanya. Agar aku tidak selalu bergantung pada orang lain," sambungnya.

Roy tinggal di Sumbul Pegagan Julu ll, Sikunihan 1, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Ia lahir dari perempuan Batak boru Sihotang.

"Biar bisa martutur biar jangan salah2. Sebagai orang Batak harus tau marga mamak jugak kan. :))," katanya.

Lahir dengan keterbatan tidak membuat semangatnya surut. Dia tetap menjalani kehidupan dengan semangat dan sebagaimana orang-orang lakukan, belajar membaca dan berhitung dan mengasah keterampilan.

"Puji Tuhan aku bisa baca tulis meskipun karena belajar sendiri tanpa sekolah. Adek-adekku dulu sering ngerjain tugas dan belajar dirumah. Makanya kuikuti aja apa yang mereka pelajari. Dari belajar ABCD sampek mengeja kata. Alhasil, aku bisa membaca dan menulis," tulisnya.

Suka Musik

Sejak kecil Roy mengaku suka sekali dengan musik. Karena sukanya, dia berkeinginan bisa memainkan alat musik.

"Aku suka musik, makanya aku belajar main Sulim (re: Seruling). Dengan melihat orang2 memainkannya aku otodidak mempelajarinya. Yups 20 tahun sudah aku memainkan Sulim-sulimku," sambungnya.

Kemampuannya bermain sulim itu dia unggah di media sosial. Banyak orang terhibur dengan penampilannya itu. Kadang ia tampil live di Facebook dan ribuan orang menyaksikannya secara online.

"Tujuanku bukan untuk tenar atau apa, tapi murni hanya untuk menginspirasi kita semua. Jangan pernah putus asa dan semangat selalu," ujarnya.

Punya Keahlian Lain

Roy juga ternyata tidak hanya mahir bermain sulim. Pekerjaan sehari-harinya adalah memperbaiki barang elektronik rusak.

"Manatau ada alat elektronik kelen yang rusak, boleh datang ke rumah ya. Soalnya kerjaku bagusi barang rusak. Setrika, Rice Cooker, bisa kuperbaiki. Hanya hati yang luka yang ga bisa," katanya diselingi candaan.

Kemampuannya itu juga dia pelajari secara otodidak.

"Tuhan memang adil, menitipkan kelebihan dalam diriku yang lemah ini," katanya.

Di masa pandemi corona (Covid-19), Roy juga menyempatkan diri menyebarkan harapannya. Dia berharap semua sehat selalu dan dalam lindungan Tuhan.

"Buat muda-mudi Batak dan Indonesia tetap semangat dan berkarya serta jangan pendam bakatmu. Mauliate konkawan," tutupnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU