Pakai Baju Putih Bisa Menangkal Gerah, Benarkah?
Ilustrasi pakaian warna putih. (ribbedtee)
Life
Nasional

Pakai Baju Putih Bisa Menangkal Gerah, Benarkah?

Minggu, 19 Juli 2020 14:23 WIB 19 Juli 2020, 14:23 WIB

INDOZONE.ID - Ada pendapat yang mengatakan bahwa memakai baju berwarna putih dapat menangkal rasa gerah. Benarkah demikian?

Mengutip Real Simple, seorang profesor fisika di Southeastern Louisiana University, Rhett Allain mengatakan bahwa mengenakan kaos putih dapat membuat tubuh lebih sejuk.

Alasan itu berdasarkan eksperimen sederhana dengan menggunakan perbandingan antara kertas putih dan kertas hitam. Kedua kertas diletakkan di bawah sinar matahari selama lima menit. Setelah itu, letakkan kertas pada pipi. Hasilnya, kertas hitam akan terasa lebih panas dibanding kertas putih.

"Itu berarti kertas putih memantulkan semua cahaya dan kertas hitam menyerapnya dan menjadi lebih panas," kata dia.

Kendati demikian, Allain tak memungkiri bahwa bahwa pakaian berwarna putih juga bisa terasa gerah, tergantung dari jenis kainnya.

Sebab menurut dia, jika mengenakan kemeja putih dengan sangat ketat dan tebal, maka tubuh tidak akan mengeluarkan energi melalui radiasi, melainkan melalui konduksi termal.

Pada kondisi tersebut, memakai kemeja berwarna gelap yang lebih longgar dan tipis mungkin terasa lebih sejuk dibanding kemeja putih yang ketat dan tebal.

"Bagaimana seseorang dalam cuaca panas tergantung pada banyak hal: warna pakaian, pakaian ketat atau longgar, seberapa mudah kainnya untuk sirkulasi, apakah ada angin, matahari, atau bayangan," tutur Allain.

Oleh karena itu, Allain menyarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman di tubuh. Pilih pakaian dengan kain yang lembut dan tidak membuat sesak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US