Tips Pilih Makanan Sehat Bergizi Bagi Pasien Isoman Ala BPOM
Ilustrasi Makanan Sehat Bergizi (Pixabay)
Life
Nasional

Tips Pilih Makanan Sehat Bergizi Bagi Pasien Isoman Ala BPOM

Kamis, 29 Juli 2021 17:27 WIB 29 Juli 2021, 17:27 WIB

INDOZONE.ID - Bagi kamu yang positif terpapar virus COVID-19 isolasi mandiri (isoman) jadi kegaitan wajib yang harus dilakukan. Selain beristirahat dan minum obat teratur, kebutuhan asupan makanan sehat serta bergizi juga jadi hal mutlak yang mesti diperhatikan.

Kalau kebutuhan tubuh terhadap makanan sehat dan bergizi seimbang terpenuhi dengan baik, maka proses pemulihan daya tahan atau imun tubuh juga akan lebih cepat terjadi.

Nah untuk kamu yang sedang isoman, tak perlu khawatir bagaimana mengatur komposisi makanan bergizi yang tepat.

Berikut Indozone telah merangkum tips memilih komposisi makanan yang sehat dan bergizi menurut  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebelumnya kamu bisa melihat informasi ini secara langsung di akun Instagram @bpom_ri.

Baik, untuk lauk pauk, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi antara protein hewani atau nabati. Untuk protein hewani, kamu bisa dapatkan dari telur, ikan, ayam, udang, dan daging, sedangkan untuk protein nabati, bisa diperoleh dari tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Selanjutnya untuk makanan pokok, bisa memilih antara nasi, jagung, roti, singkong, dan kentang. Makanan lainnya yang juga wajib ada di piringmu yaitu buah-buahan. Disarankan untuk mengonsumsi aneka buah-buahan potong dan jus tanpa gula seperti jeruk, mangga, apel, pisang, dan pepaya.

Terakhir, jangan pernah lupakan sayuran, terutama wortel, kangkung, brokoli, dan selada. 

Tak hanya itu BPOM juga membagikan tips bagaimana memilih dan mengonsumsi makanan sehat selama pandemi. 

Pertama, buatlah perencanaan dengan matang dan beli pangan sesuai kebutuhan. Kamu disarankan untuk mengonsumsi produk pangan dengan umur simpan yang lebih singkat, lalu diikuti dengan yang lebih lama. Jangan pernah lakukan panic buying atau tergesa-gesa dan berlebihan dalam membeli makanan.

Kedua, berkreasilah dengan beragam resep makanan rumahan. Makanan hasil olahan sendiri tentu lebih sehat dan nikmat. Hal itu juga disarankan oleh BPOM. Kalau memang harus memesan makanan secara online, hindari kontak langsung dengan pengantar makanan atau minuman pesanan Anda.

Ketiga, terapkan 5 kunci keamanan pangan. Sebelum mengolah makanan, ada lima langkah keamanan pangan yang mesti kamu terapkan yakni mulai dari menjaga kebersihan, pisahkan pangan mentah dan pangan matang, memasak dengan benar, jaga pangan pada suhu aman, dan gunakan air serta bahan baku yang aman.

Keempat, hindari mengonsumsi gula, garam apalagi lemak. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula, garam dan lemak, apalagi pangan yang mengandung lemak trans. Pilih metode memasak secara merebus, kukus dan panggang. Sebaliknya perbanyak pangan berserat yang mengandung vitamin dan zinc seperti sayuran dan buah-buahan.

Kelima, minum air putih yang cukup. Penuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter sehari. Bisa juga menambahkan susu atau jus.

Itu tadi tips dari BPOM buat kamu yang sedang menjalankan isoman. Semoga selalu semangat dan jangan lupa berdoa agar kamu segera sehat kembali. Selamat mencoba tipsnya!


Artikel Menarik Lainnya:

Meski di Zona Level 2, Warga Langkat Diimbau Waspada dan Tetap Taat Prokes
Truk Muatan Besi Tabrak 4 Rumah di Mabar, Diduga Ada Korban Terjepit
Pembagian Bantuan Sosial di Kantor Pos Sibolga Dibubarkan karena Kerumunan
 

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU