Jangan Dilewatkan, Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Menjelang Akhir Tahun
Ilustarsi menyambut tahun baru Unsplash/A-S-L)
Life
Nasional

Jangan Dilewatkan, Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Menjelang Akhir Tahun

Minggu, 19 Desember 2021 08:35 WIB 19 Desember 2021, 08:35 WIB

INDOZONE.ID - Menjelang akhir tahun 2021, banyak orang ingin menghabiskan hari-harinya dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang membahagiakan. Namun menurut seorang Profesor psikiatri di Harvard Medical School, Dr Natalie Dattilo, PhD ada beberapa hal yang wajib dilakukan menjelang akhir tahun.

Kegiatan tersebut akan memberikan kebahagiaan sekaligus kepuasan jangka pendek dan jangka panjang. Sebab kegiatan itu berkaitan dengan perilaku pemicu kebahagiaan yang dapat kita manfaatkan untuk kebahagiaan di masa depan.

Apa saja kegiatan itu?  Berikut ini 3 di antaranya.

1. Mengevaluasi nilai diri

 merenung (Pixabay/JerzyGorecki)
Ilustrasi merenung (Pixabay/JerzyGorecki)

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk melihat apa yang kita yakini atau nilai-nilai yang kita percayai. Akhir tahun masjid momentum apakah selama satu tahun yang sudah kita lewati kita  berhasil menerapkan nilai-nilai tersebut.

Untuk mengetahuinya, kita bisa bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah kita sudah bersikap jujur satu tahun ini? Apakah kita sudah menjadi ibu yang baik? Pasangan yang baik? Pekerja yang baik atau lain sebagainya.

Dengan begitu kita akan mengevaluasi diri dan berusaha memperbaiki di tahun depan jika ada nilai-nilai kebaikan yang ternyata tak kita terapkan.

2. Mengulangi afirmasi positif untuk diri sendiri 

berpikir positif (Unsplash/FG Trade)
Ilustrasi berpikir positif (Unsplash/FG Trade)

Banyak penelitian telah menunjukkan, mengulangi afirmasi positif untuk diri sendiri mungkin menjadi cara yang efektif meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi stres.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengatakan sesuatu yang membuat dr8i kita merasa lebih baik. Misal “Kamu berhak bahagia atas usaha dan kerja kerasmu selama ini.”

Selain itu, peneliti juga merekomendasikan agar kita menuliskan afirmasi positif itu di dalam catatan, atau menjadikannya sebagai background utama ponsel. Lalu, ulangi saja untuk mengatakannya saat kita memiliki waktu luang.

3. Menerima hidup saat ini dan ketahui keinginan di masa depan

damai (Unsplash/Kamonwan Wankaew)
Ilustrasi berdamai dengan keadaan (Unsplash/Kamonwan Wankaew)

Meskipun penting untuk memiliki tujuan, kebahagiaan dapat tetap sulit dipahami jika kita terlalu fokus pada keinginan. Maka dari itu, beakarlah untuk menerima dan mensurkuti apa yang kita punya saat ini.

Dengan begitu kita kan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Kita akan ikhlas menjalani kehidupan saat ini dan siap menyambut masa depan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US