Perlu Dilestarikan, Inilah Kesenian dan Budaya Tapanuli Selatan yang Mulai Hilang
Seorang parsulim tulila, memainkan alat musiknya sambil mengamen di halaman Bolak Padang Nadimpu, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara. (antarasumut/khairul)
Life
Kab. Tapanuli Selatan

Perlu Dilestarikan, Inilah Kesenian dan Budaya Tapanuli Selatan yang Mulai Hilang

Minggu, 10 Mei 2020 19:32 WIB 10 Mei 2020, 19:32 WIB

INDOZONE.ID - Pelestarian seni dan budaya yang menjadi ciri khas suatu daerah memang perlu dilakukan. Seni dan budaya dapat menjadi identitas suatu masyarakat.Namun seiring perkembangan zaman, banyak seni dan budaya yang mulai hilang.

Seperti yang terjadi di daerah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Dilansir dari Antara, seorang budayawan Tapanuli Selatan, H Chalifa Sutan Tinggi Barani Perkasa Alam (HCSTBPA) menyebut, banyak kesenian dan budaya Tapanuli Selatan yang mulai hilang.

Adapun budaya tersebut antara lain, marhusip, martandang, dan marbondong. Marhusip adalah sejenis berbisik antara muda-mudi yang dibatasi oleh bangunan rumah.

Selain itu ada pula kesenian musik yang sudah jarang dipakai yakni nungneng. Alat musik nungneng terbuat dari bambu yang diberi lobang gema dan dalam lubang bambu dipasangi senar ijuk. Cara memainkannya dengan dipetik dan ujung bambu digendang.

Kemudian, ada alat musik gengong yang  ditiup dan mengeluarkan suara yang halus. Namun alat musik ini juga sudah sangat jarang ditemukan dan dimainkan.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US