RS USU Gelar Rapid Test Covid-19 Gratis, Begini Kata Sang Rektor
Rektor Universitas Sumatera Utara Runtung Sitepu melakukan rapid test Covid-19 di Rumah Sakit USU. (ANTARA/HO)
Life
Kota Medan

RS USU Gelar Rapid Test Covid-19 Gratis, Begini Kata Sang Rektor

Rabu, 10 Juni 2020 11:00 WIB 10 Juni 2020, 11:00 WIB

INDOZONE.ID - Rumah Sakit Univesitas Sumatera Utara (RS USU) melaksanakan pemeriksaan cepat (rapid test) Covid-19 secara gratis bagi masyarakat Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam kegiatan tersebut, Selasa (9/6/2020), Rektor USU Runtung Sitepu mengatakan rapid test digelar sebagai wujud partisipasi USU dalam penanganan wabah Covid-19.

Ia juga mengatakan cukup banyak donatur memberikan sumbangan, baik berupa reagensia, alat tes cepat, dan alat pelindung diri (APD) yang diserahkan kepada RS USU.

"Alat rapid test (tes cepat) tersebut bukan dari USU, melainkan bantuan pihak ketiga (donatur) yang ingin membantu masyarakat," katanya kepada wartawan, Selasa (9/6/2020).

Runtung menyebutkan saat ini ada 10.000 alat tes cepat di RS USU. Bantuan itu rencananya disalurkan secara bertahap ke berbagai kabupaten/kota sehingga tidak terpusat di RS USU saja.

Di sisi lain terkait uji swab, saat ini RS USU masih menghadapi keterbatasan reagensia sehingga hanya memprioritaskan pemeriksaan sampel yang dikirim.

Namun jika ada hasil tes yang reaktif maka akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab secara gratis pula.

Sedangkan jika hasil tes cepat negatif dan masyarakat butuh itu untuk keperluan penerbangan atau pekerjaan maka akan dibahas dengan direktur RS USU.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU