Corona, DPW PSI Sumut Bagi Sembako, Masker dan Semprot Desinfektan
DPW PSI Sumatera Utara melibatkan diri untuk dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19. (Istimewa)
Life
Kota Medan

Corona, DPW PSI Sumut Bagi Sembako, Masker dan Semprot Desinfektan

Selasa, 21 April 2020 11:50 WIB 21 April 2020, 11:50 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona (Covid-19) mendorong rasa solidaritas antar sesama. Apalagi melihat dampak virus, tidak hanya kepada kesehatan, tapi juga ekonomi. Banyak yang kehilangan pekerjaan dan juga berdampak bagi pendapatan ekonomi masyarakat. 

Kondisi ini juga ikut mendorong DPW PSI Sumatera Utara yang turut merasakan tekanan dan penderitaan warga secara umum akibat pandemic Covid-19 ini. 

Didorong rasa solidaritas, DPW PSI Sumatera Utara (Sumut) melibatkan diri untuk dapat membantu meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19, antara lain dengan melakukan gerakan solidaritas dengan mengadakan penyemprotan desinfektan, membagikan sembako, dan membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Di sini kita dari DPW PSI Sumatera Utara turun menyambangi warga untuk membantu dan meringankan beban warga yang terkena dampak Covid-19. Tak hanya itu, DPW PSI Sumut hadir untuk mengerahkan telinga, tangan, kaki, dan hati untuk masyarakat karena perjuangan masyarakat adalah perjuangan kami, PSI," kata Ketua DPW PSI Sumatera Utara, Delia Ulpa, di Medan, Selasa (21/4/2020). 

Aksi ini mereka lakukan karena masyarakat butuh bantuan cepat, kata Delia, karena tidak mungkin menunggu proses anggaran pemerintah yang rumit, karena setiap hari mereka butuh makan. Hal ini sebagai wujud solidaritas terhadap warga.

Menurut Delia, aksi ini dapat mereka gelar tidak lepas dari penggalangan dana dari partisipasi pengurus, anggota PSI, simpatisan PSI hingga para donatur-donatur PSI Sumatera Utara. Hasil penggalangan dana mereka salurkan langsung ke tangan warga.

"Kita mengapresiasi di mana sebagian besar teman-teman yang ikut berdonasi terhadap aksi ini adalah anak-anak muda," kata Delia.

Menurutnya, Pemprov Sumut dan Pemko Medan terkesan sangat lambat dalam penangan Covid-19 di daerahnya. Hal itu menjadi catatan DPW PSI Sumut. 

"Kita berharap pemerintah mampu mencukupi ketersediaan bahan pokok dan stabilisasi harga pangan agar tidak memunculkan konflik sosial di kemudian hari," terangnya.

Selain itu, jelasnya, pemerintah harus tanggap terhadap dampak dari social distancing, khususnya kemampuan warga terhadap kebutuhan pangan. 

"Kami ingatkan seluruh jajaran pemerintah untuk memperhatikan pangan warga. Kita akan mendesak pemerintah untuk menyediakan bantuan sosial bagi warga yang kurang mampu," ucapnya.

Dalam aksi sosialnya, DPD PSI Sumut bekerja sama dengan aparat kelurahan bekerjasama dengan RT/RW dalam melakukan identifikasi warga yang memenuhi kriteria penerima bansos.

Pemerintah juga diharapkan transparan dalam hal pendataan penerima bansos secara online.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US