Kenapa Ada Orang yang Udah Makan Banyak Tapi Tak Gemuk Juga, Ternyata Ini Alasannya
Ilustrasi orang sedang makan. (Pexels)
Life
Nasional

Kenapa Ada Orang yang Udah Makan Banyak Tapi Tak Gemuk Juga, Ternyata Ini Alasannya

Senin, 03 Agustus 2020 12:08 WIB 03 Agustus 2020, 12:08 WIB

INDOZONE.ID - Pernahkah kamu dibikin penasaran dengan seseorang yang udah makan banyak, tapi badannya tetap langsing. Nah, hal itu ternyata ada alasan ilmiahnya, lho. Berikut ulasannya.

Dikutip dari Live Science, seorang profesor Ilmu Gizi dan Makanan dari University of Rhode Island, Kathleen Melanson mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada penyebab pasti mengenai fenomena tersebut.

"Ada faktor genetik, nutrisi, dan bahkan perilaku yang terlibat, dan sejauh mana masing-masing faktor itu berperan dalam setiap individu sangat bervariasi," ujar Melanson.

Lebih dari itu, menurut Melanson, bisa saja hal tersebut sangat berhubungan dengan persepsi. Misalnya, banyak orang yang terlihat makan banyak tapi badannya tetap langsing, padahal sebenarnya mereka tidak makan lebih banyak dari orang kebanyakan.

Jika ada seseorang yang kurus terlihat makan es krim setiap hari, namun di sisi lain dia hanya sedikit mengonsumsi makan lain sebagai sumber kalori, hal itu sangat wajar jika badannya tidak mengalami penambahan berat badan.

Selain itu, aktivitas fisik seseorang juga berpengaruh terhadap berat badan. Ada orang yang tipe pekerjaannya mengharuskan dirinya sangat aktif secara fisik.

Nah, gerakan dari aktivitas itu dapat membuat mereka mampu meningkatkan metabolisme tubuhnya, lalu energinya jadi banyak terbakar.

Sebab dalam tubuh manusia, ada yang dinamakan mitokondria, yakni sejenis hormon yang mampu merangsang orang untuk bergerak. Semakin banyak mitokondria, berarti semakin banyak kalori yang terbakar.

Namun dari semua itu, hanya sedikit bukti yang menunjukkan seseorang dapat membakar lebih banyak kalori tanpa berolahraga.

Artikel Menarik lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US