YouTuber Ini Bikin Kata 'Anjay' Jadi Makin Viral dan Jadi Polemik
YouTuber Pit Manghophop Sitompul viral karena ucapkan anjay 100 ribu kali. (Dok. Pribadi)
Life
Nasional

YouTuber Ini Bikin Kata 'Anjay' Jadi Makin Viral dan Jadi Polemik

Senin, 31 Agustus 2020 15:43 WIB 31 Agustus 2020, 15:43 WIB

INDOZONE.ID - Kata 'anjay' ramai dibicarakan karena dinggap sebagai bentuk kekerasan verbal (bullying) oleh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Namun, YouTuber ini malah membuat vlog dengan mengucapkan kata 'anjay' sebanyak 100.000 kali di akun Youtubenya YUPS!

Video itu pun menuai pro dan kontra dari warganet. Hingga Senin siang (31/8/2020), video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 82.000 kali dan mendapatkan 10.000 Likes.  

"Daripada ngomong anjay sampai 100k mending istigfar bang, kan untung dapet pahala #anjaymabar," kata akun Fahry 26.

"Youtuber terniat salut aku sama lu bang gua subrek," timpal akun Izzam Project.

Video yang berdurasi lebih dari 10 jam itu menjadi viral, Pit pun merasa senang. Pit mengambil video tersebut sambil duduk di depan microphone di kamarnya dan dilengkapi dengan tab yang ia gunakan sebagai counter (alat hitung).

Sebelumnya, Komnas PA menyerukan penggunaan kata 'anjay' dihentikan sekarang juga. Komnas PA menilai kata 'anjay' yang sedang populer dipakai di kalangan anak dan remaja bisa menjadi salah satu bentuk bullying.

"Ini adalah salah satu bentuk kekerasan atau bullying yang dapat dipidana, baik digunakan dengan cara dan bentuk candaan. Namun jika unsur dan definisi kekerasan terpenuhi sesuai dengan ketentuan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, tindakan itu adalah kekerasan verbal. Lebih baik jangan menggunakan kata 'anjay'. Ayo kita hentikan sekarang juga," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Sabtu (29/8/2020).

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US