Hasil Riset Sebut Pria Jomblo Sangat Kesepian Selama Pandemi Corona
Ilustrasi pria jomblo. (Wallup.net)
Life
Nasional

Hasil Riset Sebut Pria Jomblo Sangat Kesepian Selama Pandemi Corona

Minggu, 12 Juli 2020 18:27 WIB 12 Juli 2020, 18:27 WIB

INDOZONE.ID - Pandemi virus corona memaksa orang-orang untuk lebih banyak berdiam diri di rumah. Berawal dari itu, sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa pria-pria jomblo merupakan orang yang paling kesepian selama terjadinya pandemi virus corona.

Melansir Metro, Penelitian dari eharmony dan Relate itu melibatkan responden sekitar 2.000 orang dewasa di Inggris. \

Penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana kesehatan mental seseorang pria dewasa selama pembatasan wilayah dan pandemi virus corona.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa empat dari 10 pria lajang merasa kesepian selama adanya kebijakan pembatasan wilayah.

Lalu, sekitar 45 persen kaum pria lebih mungkin merasakan kesepian dibandingkan kaum wanita sebanyak 35 persen.

Pria juga mengalami masalah pada kesehatan mental yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita selama masa karantina mandiri di rumah.

Tentu ada alasan mengapa kaum pria lebih mudah kesepian. Salah satunya adalah sikap yang kurang terbuka menjadi penyebab pria jomblo cenderung lebih merasa kesepian.

"Biasanya, pria kurang terbuka dengan perasaan mereka, dan cenderung bersandar pada teman dan keluarga untuk dukungan emosional. Tetapi, dalam beberapa kasus, mereka mendambakan keintiman romantis bahkan lebih daripada perempuan, sebagaimana dibuktikan oleh laporan baru kami dengan Relate," kata pakar hubungan eharmony Rachael Llyod.

Dalam penelitian itu, untuk mengatasi masalah kesepian, satu dari lima pria mengaku akan segera mencari kekasih setelah pandemi berakhir.

Hal itu sangat berbeda dengan kaum wanita yang hanya delapan persen mengaku akan mencari kekasih setelah pandemi.

Kendati demikian, Llyod dalam penelitiannya itu mengingatkan kepada para pria jomblo untuk tidak terburu-buru dan berhati-hati ketika hendak memulai hubungan baru setelah pandemi berakhir.

"Jika Anda mencari hubungan yang bahagia dan tahan lama, idealnya Anda perlu menemukan seseorang yang berbagi nilai-nilai inti Anda dan memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi. Secara paralel, pastikan Anda terhubung kembali dengan keluarga dan teman-teman sehingga ketika Anda menemukan orang yang tepat, Anda membawa lebih banyak keseimbangan dalam hubungan," saran Llyod.

Menurut dia, orang yang menjalin hubungan juga berpotensi merasakan kesepian. Untuk itu, dia mengingatkan betapa pentingnya keseimbangan dan sebuah hubungan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US