Mengenal Manfaat Unik dari Tuak, Minuman Keras Khas Orang Batak
Ilustrasi minuman tuak. (cookpad.com)
Life
Kab. Tapanuli Utara

Mengenal Manfaat Unik dari Tuak, Minuman Keras Khas Orang Batak

Minggu, 21 Juni 2020 13:00 WIB 21 Juni 2020, 13:00 WIB

INDOZONE.ID - Menyinggung soal suku Batak di Sumatera Utara, ada minuman keras yang kerap dikonsumsi masyarakat Batak baik tua maupun muda.

Adalah tuak, sejenis minuman beralkohol hasil fermentasi nira, beras, maupun buah yang mengandung gula. Minuman ini bisa didapatkan di sejumlah kedai penjual tuak yang disebut Lapo Tuak.

Kadar alkohol dalam tuak berbeda-beda tergantung daerah pembuatannya. Dalam pesta perayaan adat Batak, tuak juga kerap disajikan untuk menjamu tamu. Tuak dikonsumsi masyarakat Batak karena dianggap berkhasiat menghangatkan tubuh.

Di samping itu, ternyata ada manfaat unik tuak jika dikonsumsi. Namun tentunya harus dalam kadar yang tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, tuak bermanfaat untuk ibu menyusui. Hal ini karena tuak mengandung nutrisi dan memberi perlindungan kondisi ASI (Air Susu Ibu) sehingga ibu dapat menghasilkan kualitas ASI yang baik.

Namun ibu menyusui hanya dianjurkan minum tuak tidak lebih dari satu gelas agar manfaatnya tidak hilang.

Kemudian tuak juga berguna sebagai obat pereda stres, maka tak heran jika orang Batak kerap datang ke kedai tuak jika sedang stres. Di kedai tuak mereka bisa menikmati minuman ini sambil bercerita dengan teman hingga bernyanyi dan bermain musik.

Selanjutnya, tuak juga dipercaya dapat menurunkan demam tapi ingat selalu dalam jumlah yang tidak berlebihan. Kandungan dalam tuak dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan metabolisme sehingga membantu menurunkan demam.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US