Ini Tanda Cinta Nicholas Saputra Pada Tangkahan
Kiri: Objek Wisata Tangkahan / Kanan: Nicholas Saputra (Instagram/@nicholassaputra)
Life
Nasional

Ini Tanda Cinta Nicholas Saputra Pada Tangkahan

Minggu, 12 Juli 2020 15:40 WIB 12 Juli 2020, 15:40 WIB

INDOZONE.ID - Nicholas Saputra dan Tangkahan adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Aktor peran ini begitu cinta dengan gajah dan alam liar. Hal itu bisa dilihat dalam aksi sosialnya di ekowisata yang berada di Langkat.

Tangkahan memang tidak begitu terkenal di Indonesia, namun di tempat itu Nicholas pertama kali jatuh cinta dengan gajah.

Perkenalan Nicholas dengan Tangkahan dan gajah pertama kali saat melakukan perjalanan ke Aceh untuk membantu lembaga swadaya masyarakat (NGO) pada 2005 lalu.

"Saat itulah, akhirnya saya bisa melihat gajah secara langsung. Matanya punya sesuatu, mereka gentle giant, besar dan sangat lembut dan resonan, nyambung aja," kata pria yang akrab disapa Nico itu kepada sineas Mira Lesmana dalam sebuah sesi Live Instagram pada April lalu.

Di tengah pandemi corona saat ini, dunia pariwisata begitu terpuruk. Termasuk ekowisata Tangkahan yang juga ikut terancam.

Tidak adanya kunjungan wisatawan membuat keberlangsungan hidup para guide hingga gajah-gajah yang di konservasi sangat mengkhawatirkan.

Untuk itu, Nico melalui akun Instagram mengajak para pengikutnya dalam aksi penggalangan dana untuk Tangkahan. Dia membuat petisi 'Bantu Masyarakat Ekowisata Tangkahan dan Para Mahout Gajah' di sebuah situs berbagi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Nicholas Saputra (@nicholassaputra) on

"Perkenalkan saya Nicholas Saputra. Mungkin teman-teman sering melihat saya berbagi foto-foto gajah di Instagram. Melalui galang dana ini saya mau bercerita tentang gajah, mahout (pawang gajah), ranger, serta masyarakat yang berada di ekowisata Tangkahan dan di Aceh yang terdampak COVID-19," tulis Nicholas dalam keterangan foto unggahannya.

Menurut Nico, penting bagi kita untuk peduli terhadap keberlangsungan hidup para pawang gajah dalam ekosistem di Tangkahan.

"Seperti kita ketahui sektor pariwisata adalah sektor yang secara ekonomi paling terdampak sangat besar oleh pandemi COVID-19 ini. Kini sudah hampir 2 bulan ekowisata Tangkahan ditutup baik untuk turis asing maupun domestik. Yang menyebabkan masyarakat tidak mendapatkan penghasilan," lanjut Nico.

Dari petisi tersebut, aksi penggalangan dana yang dilakukan Nico kini telah terkumpul sebesar Rp369 juta dari target Rp750 juta.

Dari dana yang terkumpul, sekitar Rp214 juta telah didonasikan pada penyaluran tahap 1. Seluruh dana donasi itu digunakan untuk Tangkahan dan masyarakat sekitar yang terdampak dari adanya pandemi virus corona.

"Donasi yang diberikan akan berupa sembako untuk masyarakat kurang mampu, anak yatim, mahout, dan ranger di sekitar ekowisata Tangkahan. Serta membantu operasional perawatan dan patroli gajah," kata Nico.

Petisi ini merupakan tanda cinta seorang Nicholas Saputra pada Tangkahan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Nanda
Zega

Zega

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US