Bisa Picu Masalah Kesehatan, Hand Sanitizer Sebaiknya Tidak Digunakan Terlalu Sering
Ilustrasi hand sanitizer. (Pixabay)
Life
Nasional

Bisa Picu Masalah Kesehatan, Hand Sanitizer Sebaiknya Tidak Digunakan Terlalu Sering

Jumat, 21 Agustus 2020 15:55 WIB 21 Agustus 2020, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Di tengah pandemi virus corona saat ini, cairan pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi barang yang selalu dibawa orang-orang kemana pun pergi guna mencegah penularan virus tersebut.

Namun sayangnya, sejumlah ahli kesehatan menyarankan kita untuk tidak terlalu sering menggunakan hand sanitizer. Mengapa demikian?

Mengutip laporan Livestrong pada Jumat (21/8), kandungan hand sanitizer dapat membuat seseorang mengalami masalah kesehatan, terlebih lagi pada kesehatan pencernaan.

Disebutkan, mikrobioma, yaitu ekosistem mikoorganisme yang terdiri dari bakteri, jamur, dan virus yang berkembang di usus, mulut, hidung, dan kulit yang sangat berfungsi untuk menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat dapat disingkirkan oleh kandungan hand sanitizer.

Oleh karena itu, jika mikrobioma sudah disingkirkan, memungkinkan seseorang akan mengalami masalah pada saluran pencernaan, misalnya diare.

Selain itu, kandungan yang terdapat di hand sanitizer juga tidak dapat sepenuhnya menghilangkan patogen penyebab diare. Bahkan, hand sanitizer juga tidak membuat kotoran atau minyak pada tangan dapat dihilangkan.

Seorang internis Summit Medical Group di Berkeley Heights, New Jersey, Soma Mandal lebih merekomendasikan membersihkan tangan dengan mencucinya dengan sabun. Sementara, penggunaan hand sanitizer bisa dilakukan saat berada di rumah sakit atau di lokasi yang jauh dari tempat pencuci tangan.

Selain memicu masalah kesehatan, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering juga dapat membuat tangan menjadi kering.

Kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat menghilangkan kelembapan pada kulit, akibatnya kulit akan menjadi kering pecah-pecah dan bahkan jika terjadi pada anak-anak, kulit bisa mengalami eskim.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Nanda

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US