Segarnya Mandi di Lau Timah Dairi, Airnya Jernih dan Dipercaya Sembuhkan Penyakit
Wisatawan yang menikmati jernihnya air Pemandian Lau Timah (Instagram/aripratama___)
Travel
Kab. Dairi

Segarnya Mandi di Lau Timah Dairi, Airnya Jernih dan Dipercaya Sembuhkan Penyakit

Sabtu, 02 Oktober 2021 10:10 WIB 02 Oktober 2021, 10:10 WIB

INDOZONE.ID - Berakhir pekan dengan menikmati sejuknya air di pemandian alam bisa menjadi pilihan tepat untuk melepas penat. Tak perlu bingung mau kemana, karena kali ini Indozone punya rekomendasinya. 

Nah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ini bernama Pemandian Lau Timah. Objek wisata tersebut berada di Desa Lau Renun, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Untuk menuju lokasi kamu dapat menempuh perjalanan dengan moda transportasi roda dua atau empat dan dianjurkan jenis offroad. Sebab jalanan ke sana memang tidak cukup memadai dan tergolong rusak.

Adapun jarak tempuhnya bila kamu dari Kota Medan dibutuhkan waktu sekitar 9 jam dengan rute Medan - Kabanjahe - Tigabinanga - Pasir Tengah - Lau Baleng - Lau Renun. Akan tetapi, bila mengambil jalur dari Sidikalang, waktu tempuh akan semakin panjang. Agar tidak tersesat, jangan segan bertanya kepada warga setempat. Tak perlu khawatir, sebab masyarakat Dairi ramah-ramah.

Pemandian Lau Timah cukup istimewa lantaran airnya bersih dan langsung bersumber dari mata air gunung. Debitnya tidak begitu deras dengan warna airnya yang begitu bening. 

Bahkan saking beningnya, airnya terlihat seperti kebiru-biruan. Hingga batu-batu gunung di dasar air terlihat jelas.  Tak hanya itu yang membuat pengunjung pasti terpesona, pemandian ini dikelilingi pemandangan Bukit Barisan dengan topografi menawan. 

Adapun sejarah pemandian Lau Timah ini, awalnya diperuntukan hanya untuk kalangan keluarga si empunya. Namun setelah dibenahi, warga kampung sekitarnya ikut berdatangan.

Hingga akhirnya tersiarlah dari mulut ke mulut dan lewat postingan-postingan di media sosial (medsos) keunikan dari pemandian Lau Timah tersebut.

Belakangan, yang datang ke lokasi itu bukan hanya warga sekitar, melainkan pengunjung dari berbagai daerah, seperti Medan, Aceh Tenggara, Kabanjahe, Berastagi, dan juga yang dari Jakarta. Mereka datang bukan sekadar untuk mandi dan senang-senang. Tapi ada manfaat lain, yakni berharap mendapat kesembuhan akan berbagai jenis penyakit.

Sebab sebagaimana penuturan beberapa orang, air Lau Timah diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dengan cara mandi atau mengambil airnya dan dijadikan rendaman kaki.

Untuk harga tiket masuknya tak perlu khawatir, kamu cukup membayar sekitar Rp20.000 per orang dan biaya tambahan parkir kendaraan.

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US