Nikmati Hangatnya Secangkir Kopi Khas Gayo di Kaki Bukit Pantan Terong
Coffee Car Pora-Pora Kupie merupakan Tempat Favorit Kopi Gayo di Kaki Bukit Pantan Terong Bur Belah Paya Tumpi, Kota takengon, Kecamatan Bebesen, Aceh tengah. (fofo/akhyar)
Travel
Nasional

Nikmati Hangatnya Secangkir Kopi Khas Gayo di Kaki Bukit Pantan Terong

Sabtu, 11 September 2021 23:00 WIB 11 September 2021, 23:00 WIB

INDOZONE.ID - Tidak perlu bingung menentukan tujuan untuk liburan dengan kekasih dan keluarga. Pulau Sumatera begitu banyak menawarkan spot-spot destinasi wisata alam yang dapat dijadikan tujuan berlibur.

Satu di antaranya, bumi Gayo, tempat yang paling tepat untuk berlibur sambil menikmati destisi wisata alam dan kopinya yang khas.

Bercerita soal kopi, Gayo memang tidak diragukan lagi tetang cita rasa kopinya. Maka, ada yang menyebutkan bila ke Gayo di Kaki Bukit Pantan Terong, tidak menikmati hangatnya secangkir kopi, maka kurang pas rasanya.

Apalagi, menyeruput kopinya, di kaki bukit Pantan Terong Bur Belah Paya Tumpi, Kota takengon, Kecamatan Bebesen, Aceh tengah. Di kawasan tersebut, berjejer pedagang kopi dengan mobil, yang disebut Coffee Car.

Pedagang-pedagang kopi itu menawarkan aroma kopi asli khas Gayo. Namun, satu di antara Coffee Car yang berjejer, ada satu tempat yang paling favorit bagi sebagian pengunjung.

Nama tempatnya, Coffee Car Pora-Pora Kupie. Tempat ini sudah hampir lima tahun menyuguhkan kopi khas Gayo, kepada setiap wisatawan atau pengunjung yamg datang ke kaki bukit Pantan Terong.

"Memang sudah selama empat tahun saya menjual kopi khas Gayo di sini. Kebanyakan memang pedagang kopi di sini memakai mobil, kami menyebutnya Coffee Car dan menjadi ciri khas daerah sini," tutur Irhamna pemilik Coffee Car Pora-Pora Kupie, saat dikunjungi Indozone, Sabtu, (11/9/2021).

Kawasan kaki bukit tersebut selalu ramai oleh pengunjung, terutama para wisatawan pecinta kopi Gayo. Hal ini semua karena suasanya yang sangat menjual, apalagi tempatnya yang begitu unik.

Takengon
Pengunjung Lagi Menikmati Kopi Gayo di Coffee Car Pora-Pora Kupie, Kaki Bukit Pantan Terong Bur Belah Paya Tumpi, Kota takengon, Kecamatan Bebesen, Aceh tengah, (foto/akhyar)

Keunikan itu terlihat dari pedagang kopi, memakai mobil yang sudah dimodifikasi menjadi semi barr, sebagai tempat mengelolah kopinya. Lalu, tempat duduk pengunjungnya beratapkan tenda 3 x 3 meter dan tersedia beberapa kursi.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga disuguhkan pemandangan Danau Laut Tawar dan bukit Pantan Terong yang hijau. Sambil Menyeruput segelas kopi hangat, dengan memandangi danau Laut Tawar yang indah dan bukit Pantan Terongnya.

Apalagi udaranya yang segar dan suhunya yang dingin dari 15 drajat celcius sampai 16 drama celcius. Tentunya, secangkir kopi hangat merupakan pilihan yang tepat untuk menikmati suasana.

Ia jelaskan, menu kopi paling favorit ada dua di kawasan itu, pertama sanger panas dan kedua kopi Long Black. Kedua menu favorit ini tak begitu mahal, dibanderol dari harga Rp 10 ribuan sampai Rp 15 ribuan.

"Orang-orang yang sering berkunjung itu kebanyakan dari luar Takengon ya. Ada dari Medan, Banda Aceh, Jakarta dan luar negeri seperti Malaysia dan turis-turis Eropa," ujar Irhamna.

Lajutnya, mereka datang ke mari karena ingin merasakan kopi khas Gayo yang original terutama jenis Arabica.

Selain itu, ia juga menerangkan bahwa semua pedagang kopi di kawasan itu,mulai berdagang dari pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB.

"Biasanya pengunjung ke kawasan tersebut untuk menikmati secangkir kopi sanger, dan long black, sambil melihat sunset di danau Laut Tawar. Tak hanya sore hari saja, pagi hari juga ramai pengunjung ke tempat ini," ucapnya.

"Nah, kalau malam hari kebanyakan pengunjung datang kemari, minum kopi sambil bakar api unggun dan memainkan gitar. kemudian, ramai-ramai bernyanyi, untuk menghangatkan badan," sambungnya.

 
 

Rahmat Pohan Terpilih Jadi Dirut Bank Sumut, Ini Kata Musa Rajekshah
Lapangan Merdeka Medan Sebagai Cagar Budaya, Ini Buktinya
Memilukan, Lihat Ibunya Dipukuli Preman, Anak Wanita Pedagang Pasar Gambir Tembung Trauma

TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US