Ini Deretan Tiga Becak Unik yang Beroperasi di Sumut
Becak Padangsidimpuan. (ANTARA/Khairul Arif)
Otomotif
Kota Medan

Ini Deretan Tiga Becak Unik yang Beroperasi di Sumut

Minggu, 23 Februari 2020 12:00 WIB 23 Februari 2020, 12:00 WIB

INDOZONE.ID - Sumatera Utara ternyata juga memiliki keunikan dalam hal transportasi. Salah satunya adalah becak. Tercatat setidaknya ada 3 becak unik yang masih beroperasi di Sumatera Utara. Berikut ini ketiga becak tersebut.

Ketiga becak itu memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari latar belakang sejarah hingga desainnya yang cukup unik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 3 becak ikonik yang masih beroperasi di Sumut.

Keunikan becak yang terdapat di 'Kota Salak' ini terletak pada kendaraannya. Becak Padangsidimpuan ditarik dengan menggunakan sepeda motor Vespa. Kabin penumpangnya juga unik dibandingkan becak lainnya di Sumut. Sekilas desain kabin Becak Padangsidimpuan mirip seperti desain bajaj.

https://sumut.antaranews.com/berita/155154/data-becak-vespa-di-padangsidimpuan
https://sumut.antaranews.com/berita/155154/data-becak-vespa-di-padangsidimpuan

Becak Padangsidimpuan mulai beroperasi sekitar pertengahan tahun 1970-an. Sepeda motor Vespa yang menarik kendaraan ini memang berasal dari Italia. Becak Padangsidimpuan masih menjadi salah satu alternatif transportasi warga di kota Padangsidimpuan. Bahkan tidak sedikit para wisatawan yang berkunjung di Padangsidimpuan masih mencoba becak ini.

  • Becak Siantar

Becak Siantar merupakan salah satu becak ikonik di Sumatera Utara. Becak ini hanya bisa ditemui di Kota Pematangsiantar dan sebagian wilayah Kabupaten Simalungun. Keunikan becak Siantar terdapat pada kendaraan yang menariknya. Becak Siantar ditarik dengan menggunakan sepeda motor 'jadul' Birmingham Small Arm (BSS). BSA merupakan sepeda motor yang dikendarai para tentara Inggris pada Perang Dunia II.

https://www.antarafoto.com/asian-games-2018/v1509253815/motor-sisa-perang-dunia-kedua
https://www.antarafoto.com/asian-games-2018/v1509253815/motor-sisa-perang-dunia-kedua

Sepeda motor BSA masuk ke Siantar dibawa oleh para tentara kolonial Belanda. Namun dalam perkembangannya, sepeda motor BSA dimodifikasi menjadi becak motor.

  • Becak Medan

Becak Medan berbeda dengan becak lainnya di Sumut. Keunikan Becak Medan terletak juga terletak pada kendaraan penariknya. Umumnya becak Medan ditarik dengan kendaraan 4 tak (2T) seperti Win, RX King dan lain-lain. Namun dalam perkembangannya, Becak Medan juga ditarik dengan sepeda motor bebek atau sepeda motor 4 tak (4T).

https://www.antarafoto.com/asian-games-2018/v1508830201/mogok-pengemudi-becak-motor
https://www.antarafoto.com/asian-games-2018/v1508830201/mogok-pengemudi-becak-motor

Berbeda dengan Becak Siantar dan Becak Padangsidimpuan yang kabin penumpangnya tidak bisa dinaikturunkan, kabin penumpang di Becak Medan bisa diturunkan. Becak satu ini masih menjadi alternatif bagi warga Medan sebagai alat transportasi.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US