Inilah Becak Motor, Kendaraan Khas Medan yang Tak Lekang Oleh Waktu
Becak motor Medan. (pinterest.com)
Otomotif
Kota Medan

Inilah Becak Motor, Kendaraan Khas Medan yang Tak Lekang Oleh Waktu

Minggu, 21 Juni 2020 14:00 WIB 21 Juni 2020, 14:00 WIB

INDOZONE.ID - Mengungkit tentang Kota Medan dan embel-embelnya, kurang afdol rasanya jika tak membicarakan tentang betor alias becak motor.

Pasalnya, betor merupakan kendaraan khas Medan, Sumatera Utara yang sudah ada sejak tahun 1960-an dan masih bertahan sampai detik ini. Meski dulunya bentuk betor tidak seperti yang sekarang ini.

Seperti namanya, becak motor Medan menggunakan becak dan sepeda motor sebagai tenaga penggerak. Ciri khasnya adalah tempat duduk penumpangnya berada di sisi kiri pengemudi.

Dihimpun dari berbagai sumber, motor pertama yang digunakan becak motor Medan adalah motor klasik sejenis BSA Norton yang bermesin 350cc-500cc, Drampt Kraft Wagen (DKW), Birmingham Small Arm (BSA) buatan Inggris, Triumph, BMW, dan Harley-Davidson.

Motor-motor klasik tersebut merupakan motor yang tahun pembuatannya di mulai tahun 1941, 1948, 1952, dan 1956. Bahkan beberapa di antaranya  pernah digunakan sebagai kendaraan perang.

Sebagai transportasi umum, Pemerintah Kota Medan mengatur jenis motor yang boleh dipakai sebagai penarik becak. Selain itu, diatur juga tentang jalur-jalur khusus di wilayah Kota Medan yang boleh dan tidak boleh dilalui becak motor.

Artikel Menarik Lainnya

TAG

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US