Jaga Kestabilan Harga Beras, Bulog Sumut Lakukan Operasi Pasar
Pekerja mengoperasikan mesin Rice To Rice (RTR) untuk mengisi karung beras bantuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebelum didistribusikan ke masyarakat di Bulog Divre Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (13/8/2021)/Ilustrasi/ANTARA FOTO/Gali
News
Kota Medan

Jaga Kestabilan Harga Beras, Bulog Sumut Lakukan Operasi Pasar

Selasa, 31 Agustus 2021 10:18 WIB 31 Agustus 2021, 10:18 WIB

INDOZONE.ID - Demi menjaga kestabilan harga beras di pasar, Perum BULOG Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan operasi pasar (OP) atau ketersediaan pasokan dan stabilitas harga (KPSH).

"Memang harga beras khususnya jenis medium di pasar Sumut masih stabil atau di kisaran Rp8.000 - Rp10.000 per kg, namun kestabilan harga perlu terus dijaga sehingga BULOG melakukan KPSH atau OP," kata Pemimpin Wilayah Sumut Perum BULOG, Arif Mandu pada Senin (30/8/2021).

Diketahui harga beras kualitas medium di pasar sekitar Rp8.000-an hingga Rp9.000-an per kg masih di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang sebesar Rp9.950 per kg. Beras medium di gudang BULOG dijual Rp8.600 per kg.

Menurut dia, penyaluran beras OP/KPSH pada Januari hingga 27 Agustus sudah sebanyak 5.667 ton.

"OP/KPSH beras tidak hanya dilakukan saat harga beras naik, namun secara berkala agar kestabilan harga beras itu bisa terjaga baik di Sumut," tambahnya.

OP/KPSH khususnya dilakukan saat mendekati hari libur keagamaan, musim hujan dan saat harga bahan pokok lainnya naik yang bisa juga ikut mendorong kenaikan harga beras.

Arif memberi contoh, seperti saat ini musim hujan dan angin kencang yang bisa mengganggu produksi beras. Dia menambahkan selain beras medium, BULOG Sumut juga menggelontorkan beras kualitas premium guna semakin memperbanyak ketersediaan bahan pokok utama itu.


Artikel Menarik Lainnya:

Pemko Medan akan Bangun Rumah Panti Sosial di Kelurahan Sidomulyo, DPRD: Masyarakat Protes
Gegara Scan Barcode Parkir, Pengendara Berbicara Tidak Pantas Kepada Oknum Dishub Medan
Suap Penyidik KPK, Walkot Nonaktif Tanjungbalai Dituntut 3 Tahun Penjara

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU