Pesisir Belawan Berpotensi Banjir Rob Setinggi 2,7 Meter, BMKG Minta Warga Waspada
Sejumlah anak-anak bermain air di Medan Belawan (Ilustrasi/Dok. ANTARA/Septianda Perdana).
News
Kota Medan

Pesisir Belawan Berpotensi Banjir Rob Setinggi 2,7 Meter, BMKG Minta Warga Waspada

Kamis, 02 Desember 2021 09:51 WIB 02 Desember 2021, 09:51 WIB

INDOZONE.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Medan Utara, khususnya kawasan pesisir Belawan akan mengalami banjir rob setinggi 2,7 meter. Banjir tersebut diperkirakan akan terjadi mulai 1 hingga 8 Desember 2021 sehingga masyarakat harus waspada. 

"Kami prediksi rob mulai terjadi hari ini (Rabu, 1 Desember 2021) sampai 8 Desember mendatang yang mana di Kecamatan Medan Belawan harus siaga, karena ketinggian banjir bisa mencapai hingga 2,7 meter dari bibir pantai," ucap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Kamis (2/12/2021).

Ia menjelaskan fenomena rob kali ini terjadi akibat adanya  pasang air laut maksimum dan curah hujan yang tinggi. Dimana fenomena rob sendiri saat ini terjadi dua kali dalam satu bulan, yakni ketika bulan purnama dan memasuki awal bulan.

"Rob ini terjadi karena pasang air laut dan curah hujan tinggi sehingga berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan, aktivitas masyarakat dan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Belawan," ujarnya. 

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat di kawasan Medan Utara yang meliputi tiga kecamatan, yakni Medan Belawan, Medan Labuhan dan Medan Marelan agar meningkatkan kewaspadaan.

"Kami imbau waspada dan siaga akan dampak rob, serta tetap memperhatikan update (pembaruan) informasi cuaca maritim BMKG," pungkas Sugiyono.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US