Menkes Budi Gunadi Minta Masyarakat yang Ingin Divaksin Covid-19 Untuk Bersabar
Vaksinasi Covid-19 di Indonesia. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
News
Nasional

Menkes Budi Gunadi Minta Masyarakat yang Ingin Divaksin Covid-19 Untuk Bersabar

Rabu, 03 Maret 2021 14:46 WIB 03 Maret 2021, 14:46 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 untuk lebih bersabar. Sebab kata dia, seluruh negara di dunia saat ini tengah berebut pasokan vaksin Covid-19.

"Vaksin ini menjadi rebutan di seluruh dunia. Banyak negara belum bisa mendapatkan vaksinnya. Dari total 7,8 miliar populasi manusia di bumi, sebanyak 70 persennya atau sekitar 5,5 miliar jiwa butuh 11 miliar vaksin agar mendapatkan herd immunity, maka proses vaksinasi bertahap dan butuh waktu," kata Budi, dikutip dari Antara, Rabu (3/3).

Menurut Budi, persaingan dalam mendapat vaksin Covid-19 tak mudah karena seluruh negara sama-sama tengah membutuhkannya untuk keluar dari krisis.

Indonesia, kata Budi, tergolong beruntung karena telah mendapatkan vaksin dan proses vaksinasi masih terus berjalan. Sementara beberapa negara di Asia lainnya baru memulai vaksinasi beberapa hari lalu.

"Beberapa negara maju baru mulai vaksinasi, jadi Indonesia ini bersyukur kita bisa dapat, karena (vaksin) masih menjadi rebutan di seluruh dunia," kata dia.

Budi mengatakan bahwa pemerintah akan terus melakukan vaksinasi agar Herd Immunity bisa tercapai dan diharapkan sampai Juni tahun ini bisa menyentuh angka 20 persen.

Untuk mencapai Herd Immunity harus ada 70 persen masyarakat usia 18 tahun ke atas yang divaksin. Dia menargetkan sebanyak 181 juta penduduk Indonesia bisa mendapatkan vaksin.

"Memang bertahap ini vaksinasinya, jadi bapak dan ibu mohon bersabar, sampai Juni mungkin 20 persen penduduk yang bisa divaksin, kita berusaha mendapatkan vaksin sebanyak-banyaknya, sisanya pada Juli Insya Allah bisa sebagian rakyat divaksin," kata dia.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Nanda
Raden Arman

Raden Arman

Editor
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US