Pria di Tapteng Mendadak Kaya Usai Batu Meteor yang Hantam Rumahnya Dihargai Rp26 M
Josua dan Jared Collin dengan batu meteorit. (The Sun)
News
Internasional

Pria di Tapteng Mendadak Kaya Usai Batu Meteor yang Hantam Rumahnya Dihargai Rp26 M

Rabu, 18 November 2020 19:14 WIB 18 November 2020, 19:14 WIB

INDOZONE.ID - Nasib beruntung dialami seorang pria bernama Josua Hutagalung asal Kolang, Tapanuli Tengah ini. Batu hitam nan misterius yang menghantam rumahnya pada Agustus 2020 lalu itu dihargai 1,4 juta poundsterling atau sekitar Rp26 miliar. Wow!

Mengutip Daily Star, batu hitam yang diketahui merupakan batu meteor dari angkasa itu dibeli oleh seorang dokter dan juga kolektor asal Indianapolis, Amerika Serikat bernama Jay Piatek.

Piatek meminta seorang ahli meteorit bernama Jared Collin yang berada di Bali untuk mengamankan meteorit yang dianggap langka itu.

"Ponsel saya menyala dengan tawaran gila bagi saya untuk melompat ke pesawat dan membeli meteorit. Itu terjadi di tengah-tengah krisis Covid dan terus terang itu terjadi antara membeli batu untuk diri saya sendiri atau bekerja dengan ilmuwan dan kolektor di AS," kata Jared.

Jared kemudian bertemu dengan Josua dan akhirnya menemukan kesepakatan terhadap proses pembelian batu tersebut.

"Saya membawa uang sebanyak yang saya bisa kumpulkan dan pergi mencari Josua, yang ternyata adalah negosiator yang cerdik," kata dia.

Saat ini, meteorit tersebut dijual di situs lelang eBay dengan seharga 757 poundsterling per gram, menilai 'hammerstone' 1,839g dengan harga hampir £ 1,4 juta.

Kisah penemuan batu hitam yang ternyata meteorit dari angkasa itu berawal pada Sabtu, 1 Agustus 2020 lalu.

Saat itu, ada suara gemuruh yang tiba-tiba saja terdengar dari langit. Awalnya, pria yang berprofesi sebagai pembuat mati itu mengira bahwa suara tersebut adalah suara petir biasa.

Namun, tak lama kemudian, tiba-tiba ada benturan keras yang menghantam seng rumahnya. Di saat bersamaan, dia juga merasakan adanya getaran.

"Saya kaget dan langsung berlari melihat apa yang terjadi bersama istri. Setelah kami lihat ke samping rumah, atap rumah kami bocor dan berlobang bulat. Merasa penasaran, kemudian kami memeriksa lokasi sekitar samping rumah, dan kami dapati tanah sudah berlobang dengan kedalaman sekitar 15 cm atau sekitar sejengkal orang dewasa," ungkap Josua saat itu.

Dia kemudian mencoba menggali dan mendapati adanya bongkahan batu hitam yang masih panas yang beratnya sekitar 2,2 kg.

Penemuan batu hitam yang misterius itu pun langsung direkam Josua dan diunggahnya melalui akun Facebook. Sontak saja, unggahan tersebut menjadi viral di media sosial.

Belakangan baru diketahui, bahwa batu hitam itu merupakan salah satu meteorit dari angkasa. Meteorit itu diklasifikasikan sebagai CM1 / 2 karbonan Chondrite, sebuah varietas meteroit yang sangat langka.

Menariknya, meteorit itu disebut mengandung unsur-unsur yang dapat memberi petunjuk mengenai asal-usul kehidupan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US