Tim AMAN Kirim Gugatan Pilkada Medan ke MK, KPU Medan Belum Terima Informasi
Akhyar - Salman. / Istimewa
News
Kota Medan

Tim AMAN Kirim Gugatan Pilkada Medan ke MK, KPU Medan Belum Terima Informasi

Sabtu, 19 Desember 2020 16:35 WIB 19 Desember 2020, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Komisioner KPU Medan Zefrizal mengaku belum mengetahui dan mendengar terkait gugatan hasil Pemilihan Kepala Daerah Medan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Namun demikian, KPU Medan tetap menunggu informasi resmi dari MK.

"Kami belum menerima informasi resmi dari MK tentang ada atau tidaknya gugatan hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan," ungkap Zefrizal, Sabtu (19/12/2020).

Menurutnya, perihal sengketa Pilkada, MK akan mengumumkan melalui Buku Registasi Perkara Konstitusi (BRPK). Hal itu sesuai dengan aturan yang berlaku tentang sengketa Pilkada.

"Berdasarkan ketentuan yang ada di KPU RI dan KPU Medan baik berdasarkan PKPU Nomor 5 dan Nomor 19 tentang rekapitulasi, tahapan jadwal dan program, maka ada atau tidak sengketa didapatkan berdasarkan informasi resmi dari MK BRPK," katanya.

Zefrizal menyebutkan, usai pengumuman rekapitulasi hasil pemungutan suara di KPU, Mahkamah Konstitusi (MK) bersedia menerima pengajuan jika ada sengketa pemilihan umum.

Kemudian, perkara yang teregistrasi di BPRK akan disampaikan MK ke KPU RI yang selanjutnya diteruskan ke KPU Medan. 

"Barulah di sana kami tahu ihwal gugatan seperti apa, kemudian menjawab seperti apa. Sementara ini kami masih menunggu dicatat atau tidak di BPRK," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya, Wakil Ketua Tim Pemenangan Akhyar-Salman (AMAN), Gelmok Samosir mengatakan pihaknya sudah mendaftarkan gugatan sengketa Pilkada Medan ke MK, Jumat (18/12/2020). Dalam pendaftaran, pihaknya menyertakan sejumlah bukti kecurangan. 


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Raden Arman
Raden Arman

Raden Arman

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU