Banjir Sepinggang Orang Dewasa, Basarnas Nias Evakuasi Warga Gunungsitoli
Basarnas Nias mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir akibat meluapnya Sungai Nou. ANTARA/Irwanto
News
Kab. Nias

Banjir Sepinggang Orang Dewasa, Basarnas Nias Evakuasi Warga Gunungsitoli

Jumat, 17 Desember 2021 14:58 WIB 17 Desember 2021, 14:58 WIB

INDOZONE.ID - Meluapnya Sungai Nou menyebabkan Basarnas Nias mengevakuasi puluhan warga yang terdampak banjir di Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (Sumut). Petugas menggunakan perahu karet untuk menjemput warga lantaran ketinggian banjir sudah mencapai sepinggang orang dewasa.

"Banjir seperti ini baru terjadi kembali setelah Sungai Nou meluap pada 18 tahun yang lalu. Ketinggian air saat ini ada pinggang saya bahkan ada juga yang sampai leher," kata salah seorang warga lingkungan I, Kelurahan Ilir, Akong, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Jumat (17/12/2021).

Sementara itu, Kepala Kantor Basarnas Nias, M.Agus Wibiso melalui humasnya Nias Asanimu Waruwu mengatakan banjir yang merendam ratusan rumah penduduk terjadi di sejumlah titik di Kota Gunungsitoli.

"Air mulai merendam rumah warga sekitar pukul 02.00 WIB. Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Nou karena hujan yang turun terus menerus sejak kemarin," jelasnya.

Ia menjelaskan daerah yang terendam akibat banjir adalah sepanjang Jalan Sudirman mulai dari Pasar Nou, ujung kantor Pegadaian, Kampung Cinta Damai di Desa Boyo dan sepanjang Jalan Ampera.

Lali Jalan Supomo ujung, Gang Umbu Pelita dan sebagian rumah warga yang berada di lingkungan I, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.

Meski banjir mengepung, ia menyebut tidak ada korban jiwa, tetapi banyak barang dan ternak warga yang hanyut atau rusak akibat terendam air. 

"Yang kita evakuasi ada sebanyak 83 warga, dan warga yang mengungsi ke rumah warga yang rumahnya ada lantai II kita perkirakan kurang lebih ratusan," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US