Atasi Banjir Rob Belawan, Pemko Medan Dibantu Kementerian PUPR  Akan Bangun Tanggul
Walkot Medan Bobby Nasution saat kunjungan kerja bersama Kemeterian PUPR (Instagram/Bobbynst)
News
Kota Medan

Atasi Banjir Rob Belawan, Pemko Medan Dibantu Kementerian PUPR Akan Bangun Tanggul

Minggu, 03 Oktober 2021 08:55 WIB 03 Oktober 2021, 08:55 WIB

INDOZONE.ID - Banjir rob yang kerap melanda kawasan Medan Utara akan segar mendapat penanganan dari Pemerintah Kota (Pemko) medan. Bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemko akan segera membangun tanggul, Sabtu (2/10).

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution usai kunjungan kerja bersama Kementerian PUPR. Ia membeberkan nantinya Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal SDA akan membangun tanggul atau dinding penahan agar air laut tidak naik hingga ke pemukiman warga. Selain itu akan dibuat kolam retensi dengan termasuk dengan pompanya.

Menantu Presiden Jokowi itu menjelaskan untuk mendukung program tersebut pihaknya tengah menyusun detail engineering design (DED) sistem drainase dari bangunan hingga ke kolam retensinya.

"Untuk atasi rob di Belawan kita akan susun DED sampai akhir tahun ini. Itu semua demi menangani banjir rob yang selama ini jadi momok warga di Belawan sekitarnya," katanya seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Minggu (3/10/2021).

Ia menambahkan dalam menyusun DED tersebut pihaknya dibantu tim ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU). 

Sementara itu, untuk persoalan banjir yang melibatkan Sungai Deli, ia mengungkap akan  memperbaiki pintu air kanal di Medan Johor pada 2022 mendatang. 

“Jadi sebelum tersedia lahan pembebasan di areal Sungai Deli, kami akan perbaiki pintu air di Kanal Medan Johor. Bila memungkinkan juga kami minta pembangunan kolam retensi di dekat pintu air itu, kan itu lahan Dirjen SDA. Rekayasa ulang dengan pembangunan pintu air di pertemuan kanal dengan Sungai Percut juga bisa kita jajaki sehingga kanal dapat berfungsi sebagai long storage dan mengurangi beban banjir Sungai Deli,” paparnya. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU