Foto Akhyar-Salman Tampak Gelap di Surat Suara, KPU Medan Salahkan Kubu AMAN
Surat suara Pilkada Medan 2020. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)
News
Kota Medan

Foto Akhyar-Salman Tampak Gelap di Surat Suara, KPU Medan Salahkan Kubu AMAN

Jumat, 20 November 2020 19:19 WIB 20 November 2020, 19:19 WIB

INDOZONE.ID - KPU Medan menilai bahwa foto pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi (AMAN) yang tampak gelap di surat suara Pilkada Medan berawal dari kesalahan tim AMAN itu sendiri.

Sebab, desain foto yang ada pada surat suara tersebut sudah mendapat persetujuan dari tim AMAN sebelum dilakukan pencetakan.

Komisioner KPU Medan Divisi Teknis, M Rinaldi Khair, Jumat (20/11) mengatakan bahwa tim AMAN sendiri memang memilih desain foto yang lebih natural. Sementara, desain foto dari paslon lain dari awal memang sudah sangat cerah.

Sehingga ketika surat suara sudah dicetak, ada perbedaan warna dari segi kecerahan yang sangat mencolok antara foto paslon nomor urut 1 dengan paslon nomor urut 2.

Padahal, kata Rinaldi, pihak AMAN sendiri sudah melakukan pergantian desain foto sebanyak dua kali. Dan desain foto yang terakhir kali diserahkan kepada KPU memang dari awal sudah terlihat natural.

Tidak hanya itu, KPU Medan juga sudah mengingatkan kepada tim LO AMAN untuk mengganti foto, sebab kapasitas fotonya yang terlalu kecil dan sangat natural.

Kendati demikian, Rinaldi sendiri mengakui bahwa hasil dari percetakan tentu ada kurang dan lebihnya, ada yang bagus dan ada juga yang tidak.

Oleh karena itu, dia memastikan bahwa pihaknya akan mengganti surat suara yang mengalami kerusakan, foto yang terlihat buram atau tidak bagus. Dan penggantian dari pihak percetakannya sendiri direncanakan akan dilakukan pada Sabtu, 21 November 2020.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US