Sulap Arsitektur Kesawan Bergaya Zaman Belanda, Bobby Minta OPD Medan Siapkan Perencanaan 
Wali Kota Medan Bobby Nasution menunjukkan peta Kota Lama Kesawan. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)
News
Kota Medan

Sulap Arsitektur Kesawan Bergaya Zaman Belanda, Bobby Minta OPD Medan Siapkan Perencanaan 

Rabu, 08 Desember 2021 10:31 WIB 08 Desember 2021, 10:31 WIB

INDOZONE.ID - Wali Kota Medan, Bobby Nasution mengaku akan menyulap dengan cara menata untuk mengembalikan arsitektur Kota Lama Kesawan seperti desain bergaya pada zaman Belanda.

Dia katakan juga bahwa nanti kawasan Kesawan akan mengusung konsep bangunan tua bergaya campuran antara arsitektur Eropa, Melayu, dan Tiongkok sehingga kaya dengan nilai artistik dan sejarah. 

"Untuk mendukung keinginan tersebut, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemko Medan menyiapkan detail perencanaan Kota Lama Kesawan," kata Bobby Nasution, seperti yang dikutip Indozone dari Antara, Rabu, (8/12/2021).

Dia juga mengungkapkan bangunan tua di kawasan ini akan disediakan selasar-selasar dan arcade pertokoan untuk para pejalan kaki.

"Secara fungsi akan memberikan manfaat kepada masyarakat sehingga mereka merasa aman dan nyaman, khususnya bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Lama Kesawan," ujar Wali Kota Medan.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, mengaku keindahan dan nilai estetika di Kota Lama Kesawan akan dilakukan dengan "ducting utility" (pembenahan kabel jaringan).

Dengan "ducting utility", terang dia, maka seluruh jaringan kabel nantinya akan dimasukkan kedalam tanah sehingga tidak semrawut seperti saat ini.

"Nantinya 'ducting utility' ini akan dikerjakan bersamaan dengan perencanaan drainase Kota Lama kesawan. Pengerjaannya akan dilakukan bersamaan dengan penataan fisik," ucap Endar. 


Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Aqmarul Akhyar

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US