Jangan Terus Bersedih, Ini 5 Rekomendasi Lagu 'Self Healing' yang Tenangkan Hati
Ilustrasi mendengarkan musik untuk self healing (Pixabay)
Music
Nasional

Jangan Terus Bersedih, Ini 5 Rekomendasi Lagu 'Self Healing' yang Tenangkan Hati

mendengarkan lagu bisa jadi alternatif menghilangkan gundah

Minggu, 07 November 2021 14:43 WIB 07 November 2021, 14:43 WIB

INDOZONE.ID - Ketika kita bersedih seringkali kita merasa sendiri seolah tak ada orang sekitar yang mengerti. Pada saat itulah sebuah lagu terkadang bisa menjadi ‘teman.’

Tak hanya itu, mendengarkan lagu juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan perasaan gundah dan trauma. Bahkan peneliti dari London, Bist dan Smith (2021) menemukan bahwa musik dapat membantu proses penyembuhan (healing).

Nah berikut 5 daftar lagu pilihan Indozone yang dijamin akan membuat hatimu tenang saat sedang bersedih. Yuk simak!

1. Rehat - Kunto Aji
Kunto Aji memang terkenal sebagai musisi yang acap kali menyuarakan tentang kesehatan mental dalam nafas lagunya. Bahkan hampir semua lagu di album Mantra Mantra miliknya dapat dijadikan media untuk self healing. Sebut saja mulai dari Rehat, Sulung, Bungsu, Konon Katanya, hingga Saudade.

Tidak hanya lirik-liriknya yang memiliki implikasi psikologis yang bagi sebagian orang dianggap cukup bekerja untuk healing, Kunto Aji rupanya juga memberikan eksperimen lain di album tersebut.

Dilansir dari kumparanHITS, terdapat frekuensi Solfeggio di dalam lagu Rehat, yakni lebih tepatnya frekuensi 396 Hz yang dianggap bisa mengeluarkan pikiran negatif. Hal tersebut bisa dirasakan di bagian outro lagu tersebut.

Lagu Rehat sendiri mengajarkan kita untuk menenangkan hati dari huru-hara kehidupan yang serba cepat sekarang ini. Rasanya, seakan-akan Kunto Aji berbisik di telinga setiap kali ingin melangkah mencoba melakukan sesuatu yang baru.

“Yang kau takutkan akan terjadi”

2. Tenang - Yura Yunita
Selain Kunto Aji, Yura Yunita adalah penyanyi yang juga memiliki perhatian khusus terhadap isu kesehatan mental. Lagu-lagu ciptaan Yura kerap kali menggambarkan proses perjuangan dalam menghadapi hidup.

Dalam lagu yang berjudul ‘Tenang’ ini Yura mengajak kita berdoa untuk meminta ketenangan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Lagu ini sangat cocok menjadi obat untuk kamu yang sedang merasakan banyak kegelisahan. Tenang, ada Tuhan yang maha mendengar.

"Tenang, tenang yang tak kunjung datang
Menanti-nanti cahaya-Mu, beri aku petunjuk-Mu"

3. Untuk Hati yang Terluka – Isyana Sarasvati


“Jika kau tak dapatkan yang kau impikan bukan berarti kau tlah usai”

Itu merupakan bagian yang paling menyentuh dalam lagu milik Isyana Sarasvati ini. Lewat lagu ini, Isyana mengingatkan kita bahwa selama kita masih bernapas pasti ada saja masalah dan cobaan yang datang.

Dalam setiap mimpi-mimpi yang kita gapai pasti ada satu momen di mana ketika kita merasakan pahitnya kegagalan ataupun kekecewaan. Namun itu bukanlah akhir dari segalanya. Di lagu ini, Isyana seakan mengisyaratkan bahwa kita tidak sendirian dalam menghadapi itu semua.

4. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti – Banda Neira

“Yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh kan berdiri lagi”

Lagu yangs atu ini selalu menjadi lagu self healing terbaik. Lirik lagu ini sangat apik menggambarkan goncangan hidup yang terjadi di masa-masa seseorang beranjak dewasa. 

Di saat diri merasa sangat rapuh, tak sanggup lagi melangkah, kecewa dan gagal rasanya sering jadi kawan; ternyata hidup tidak selalu sesuai dengan ekspektasi.

Lagu ini seakan mengingatkan bahwa masih ada hari esok. Segala yang buruk pasti berganti baik Segala yang jatuh pasti akan akbisa bangkit kalau mau berusaha.

5. Beranjak Dewasa - Nadin Amizah
Lagu milik musisi muda berbakat Nadin Amizah ini menceritakan tentang sebuah proses pendewasaan dari segala pengalaman pahit yang pernah dialami. Pendewasaan  yang dimaksud pada lagu ini adalah yang berkaitan dengan percintaan dunia masa muda.

Lagu yang diiringi dengan musik unik ala-ala Nadin ini memang sangat mengundang hasrat, baik itu untuk ikut menyanyikannya maupun merasakan maknanya yang begitu dalam.

“Kita beranjak dewasa
Jauh terburu seharusnya
Bagai bintang yang jatuh
Jauh terburu waktu
Mati lebih cepat
Mati lebih cepat”

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US