Manfaat Ajaib Bawang Putih Bagi Kesehatan, Melawan Flu Hingga Mencegah Serangan Jantung
Ilustrasi bawang putih (Pixabay/Stevepb)
Health
Nasional

Manfaat Ajaib Bawang Putih Bagi Kesehatan, Melawan Flu Hingga Mencegah Serangan Jantung

Senin, 06 Desember 2021 08:00 WIB 06 Desember 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang mat sering kita gunakan. Bawang jenis ini hampir tak ketinggalan selalu menjadi pelengkap di setiap makanan.

Namun  tahukah kamu, selain sebagai bumbu dapur ternyata bawang putih bisa dimanfaatkan sebagai obat dari berbagai penyakit?

Sebagaimana yang dikutip dari laman Health, bawang putih memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh. Itu mengapa belakangan popularitas bawang putih meningkat cukup pesat.

Nah berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan yang harus kamu tahu!

1. Melawan flu

 Flu (Pixabay/Dragana991)
Ilustrasi flu (Pixabay/Dragana991)

Kandungan senyawa Allicin pada bawang putih dapat membantu membunuh kuman penyebab berbagai penyakit, mulai dari pilek, radang tenggorokan, flu, serta batuk.

Itu mengapa, konsumsi bawang putih bisa membantu tubuh melawan virus penyebab flu sehingga tubuh tak mudah 'ambruk' saat terserang penyakit ini.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol (Pixabay/Wutwhanfoto)
Ilustrasi pemeriksaan kolesterol (Pixabay/Wutwhanfoto)

Journal of Postgraduate Medicine menyebut, konsumsi rutin 1-2 siung bawang putih mentah setiap hari selama dua bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara drastis.

Hal ini dikarenakan kandungan senyawa Allicin yang dimiliki bawang putih cukup tinggi. Untuk mendapatkan manfaat ini kamu hanya perlu mengonsumsi bawang putih secara langsung. Agak aneh tentu rasanya, tapi manfaatnya pun sedemikian besar.
 
3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung sehat (Pixabay/Igor-Kardasov
Ilustrasi jantung sehat (Pixabay/Igor-Kardasov

Menurut Journal of Nutrition, ekstrak bawang putih yang dikeringkan bisa membantu menurunkan kadar kalsium dan protein C-Reaktif dalam arteri yang merupakan tanda penumpukan plak. Kondisi tersebut dapat mempersempit arteri sehingga memicu terjadinya peradangan.

Itu sebabnya, selain mencegah terjadinya penyumbatan, kandungan yang ada pada ekstrak bawang putih kering juga bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga kesehatan jantung akan lebih terjaga. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US