Jangan Panik, Ini 4 Pertolongan Utama saat Asam Lambung Naik
Iluststrasi gangguan asam lambung (Pixabay)
Health
Nasional

Jangan Panik, Ini 4 Pertolongan Utama saat Asam Lambung Naik

Rabu, 13 Oktober 2021 17:35 WIB 13 Oktober 2021, 17:35 WIB

INDOZONE.ID - Asam lambung naik adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang cukup umum dan paling banyak dialami orang. Penyakit ini membuat cairan asam lambung yang sudah berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menimbulkan beragam gejala.

Melansir Medical News Today, gejala asam lambung naik yang cukup umum adalah munculnya rasa tidak nyaman sampai terasa panas di dada.

Sementara itu American College of Gastroenterology menyebut asam lambung yang naik juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Bahkan beberapa penderita akan merasakan mulutnya pahit dan asam saat penyakit ini kambuh.

Nah lantas apa yang sebaiknya harus dilakukan saat gangguan ini kambuh ? Yuk simak beberapa tips yang sudah dirangkum Indozone dari berbagai sumber berikut!

1. Berdiri tegak
Jika saat asam lambung kumat anda sedang dalam keadaan duduk, cobalah untuk berdiri. Kadang posisi tubuh tertentu bisa memicu naiknya asam lambung.

Posisi yang tidak pas atau kurang nyaman dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Bagian tubuh tersebut adalah otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Oleh karena itu, saat penyakit ini kambuh pertolongan pertama yang dilakukan adalah dengan merubah posisi tubuh. 

2. Longgarkan pakaian
Mengutip dari Healthline, tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung. Untuk itu, pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu menghilangkan segala tekanan pada perut.

Saat asam lambung kumat, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju atau apa pun yang membuat penderita makin merasa sesak.

3. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan menelan. Cara ini dapat meredakan gejala asam lambung naik dengan jalan mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

4. Minum obat
Jika semua cara di atas tidak dapat mengurangi rasa sakit yang Anda derita, maka segeralah minum obat asam lambung. 

Terdapat beberapa jenis obat asam lambung yang tersedia di pasaran, yakni:

H2 blocker
Penghambat pompa proton (PPI)
Antasida

Obat jenis PPI dan H2 blocker dapat mengurangi produksi asam yang dikeluarkan lambung, sehingga membantu mengatasi asam lambung naik. Sedangkan obat jenis antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US