Hati-hati! Ini Bahaya Memakai Masker Berulang Tanpa Diganti
Ilustrasi penggunaan masker yang berulang (Pixabay)
Health
Nasional

Hati-hati! Ini Bahaya Memakai Masker Berulang Tanpa Diganti

Senin, 18 Oktober 2021 08:30 WIB 18 Oktober 2021, 08:30 WIB

INDOZONE.ID - Sejak pandemi COVID-19 melanda, penggunaan masker menjadi kebutuhan yang tak terelakkan. Masker wajib digunakan demi melindungi diri dari paparan virus corona. Akibatnya membeli masker menjadi rutinitas yang cukup menyita dana.

Di lain sisi, pemasukan keuangan semakin terbatas karena perekonomian yang juga belum stabil akibat pandemi. Belum lagi harga masker yang berkualitas dengan daya saring tinggi juga tidak murah.

Karena itulah, banyak orang yang lantas memakai masker berulang kali. Satu buah masker biasanya bisa dipakai hingga berhari-hari dan baru dibuang apabila kondisinya sudah rusak.

Bahkan ada yang membagikan tips agar maskernya bisa dipakai berulang kali. Misalnya dengan menyimpan masker di paper bag atau plastik. Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan pakar kesehatan.

Sebagaimana diungkap oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K) dalam virtual press conference peluncuran 3M Particulate Respirator 9013 KF94 pada beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan sebaiknya masker hanya digunakan satu kali dengan waktu penggunaan maksimal 4-6 jam. Hal itu dikarenakan masker yang dipakai berulang dikhawatirkan malah menjadi sarang virus. 

Selain itu menyimpan masker di dalam paper bag bukanlah hal yang baik. Pakar kesehatan paru-paru itu menjelaskan paper bag seharusnya hanya dipakai untuk menyimpan masker sesaat sebelum dipakai kembali. Misalnya saja ketika harus melepas masker sebentar saat sedang makan atau pergi ke kamar mandi. Bukan untuk menyimpan masker selama berhari-hari.

Tak hanya itu, menurutnya, kita juga harus berhati-hati saat ketika meletakkan masker yang akan atau sudah dipakai. Jika gegabah, perlengkapan kesehatan itu malah bisa jadi sarana penularan virus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US