3 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Hidung Tersumbat
Ilustrasi penderita hidung tersumbat (Pixabay)
Health
Nasional

3 Cara Sederhana yang Ampuh Atasi Hidung Tersumbat

Selasa, 19 Oktober 2021 09:15 WIB 19 Oktober 2021, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Hidung tersumbat adalah keadaan dimana seseorang tidak bisa menghirup oksigen dengan bebas. Hingga mau tak mau akan mengandalkan mulut untuk bernapas. Padahal jika terlalu lama bernapas melalui mulut tidak baik untuk kesehatan.

Selain menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernapas. Mulut tidak mempunyai proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh bakteri, kuman, seperti layaknya hidung.

Lalu apa yang harus dilakukan saat mengalami gangguan kesehatan ini? Berikut 3 tips sederhana yang ampuh atasi hidung tersumbat. 

1. Oleskan minyak kayu putih
Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara bertahap.

Oleh karena itu saat hidung tersumbat minyak kayu putih dapat menjadi senjata ampuh yang bisa digunakan untuk meredakan. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung agar dapat terus menghirup aromanya. Jika dibutuhkan, oleskan pula di bagian dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

2. Perbanyak minum air putih hangat
Minum air putih dapat mengatasi hidung tersumbat dan mengurangi penyumbatan saluran hidung. Hal ini dikarenakan saat sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk mengatasinya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat dapat membantu mengencerkan lendir pada saluran pernapasan dan mengurangi tekanan pada sinus. Saat tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.

Jika tidak biasa minum air hangat minumlah campuran teh jahe dan mint, air cuka apel atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk melegakan napas.

3. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan gatal saat hidung tersumbat serta memberikan kelegaan pada saluran pernapasan.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam garam mampu mengurangi peradangan dari bagian belakang tenggorokan serta membersihkan lendir sehingga melegakan hidung tersumbat.

Oleh karena itu, coba larutkan setengah sendok teh garam ke dalam dalam 200 ml air hangat, berkumurlah dan lakukan ini empat kali sehari agar Anda terbebas dari masalah hidung tersumbat. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US