Jangan Pelit Senyum! Ini 5 Manfaat Senyuman untuk Kesehatan
Ilustrasi seseorang yang tersenyum (Pixabay)
Health
Nasional

Jangan Pelit Senyum! Ini 5 Manfaat Senyuman untuk Kesehatan

Jumat, 15 Oktober 2021 09:03 WIB 15 Oktober 2021, 09:03 WIB

INDOZONE.ID - Senyuman bisa membuat seseorang terlihat lebih menarik. Satu senyuman juga bisa membuat dunia terasa lebih damai. Namun banyak orang meremehkan senyuman. Padahal, senyuman bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, misalnya merasa lebih bahagia.

Mengutip dari laman Awareness Days, selain perasaan bahagia ada manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari tersenyum. Berikut Indozone telah merangkumnya:

1. Menenangkan pikiran

Senyuman bisa mengurangi perasaan tegang dan mengarahkan pikiran ke arah yang lebih positif. Senyuman  dipercaya bisa meningkatkan aktivitas mental.

2. Meningkatkan imun

Tersenyum dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab saat tersenyum otot-otot wajah sedikit tertarik ke belakang yang membuat tubuh lebih rileks.

Tak hanya itu, senyuman juga dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari dari perasaan cemas.

3. Awet muda

Saat tersenyum kita akan terlihat lebih bahagia. Wajah bahagia terlihat lebih cerah dan lebih muda daripada wajah sedih dan kusam.

Sebuah studi menunjukkan, tersenyum bisa melatih otot-otot di sekitar mulut dan bibir dan mencegahnya kendur dan keriput.

4. Mengurangi stress

Dengan tersenyum kita melepaskan serotonin dan dopamin dalam tubuh. Hormon-hormon tersebut mengendalikan tingkat kebahagiaan  dengan mengurangi stres.

5. Kesehatan jantung

Tersenyum telah terbukti menurunkan detak jantung seseorang dan juga menjaga tekanan darah seseorang tetap terkendali.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US