Berikut Sederet Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi susu. (Pixabay)
Health
Nasional

Berikut Sederet Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 28 Desember 2020 11:32 WIB 28 Desember 2020, 11:32 WIB

INDOZONE.ID - Susu kambing dikenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Sebab, susu kambing disebut kaya akan nutrisi, lebih mudah dicerna, dan rendah akan laktosa.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam susu kambing di antaranya seperti  lemak, protein, vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin A, kalsium dan fosfor.

Selain itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa  susu kambing mengandung 25 persen lebih banyak vitamin B6, 47 persen lebih banyak vitamin A dan 13 persen lebih banyak kalsium daripada susu sapi.

Penasaran apa saja manfaat dari susu kambing untuk kesehatan tubuh? Berikut daftarnya seperti yang dikutip dari Antara, Senin (28/12).

1. Kesehatan jantung

Susu kambing dapat meningkatkan kesehatan jantung karena memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium itu sendiri merupakan mineral penting yang bermanfaat bagi jantung.

Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Dairy Science menunjukkan konsumsi susu kambing dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung pada susu kambing sangat mendukung dalam peningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Disebutkan bahwa kandungan kalsium pada susu kambing lebih tinggi dari susu sapi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menunjukkan bahwa minum susu kambing segar meningkatkan kadar kalsium dan mencegah risiko osteoporosis.

3. Menurunkan peradangan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan peradangan. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada hewan juga menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek anti-inflamasi pada kolitis.

4. Mengobati anemia

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa susu kambing memiliki kandungan bioavailabilitas zat besi yang lebih tinggi dari susu sapi.

Artinya, konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Susu kambing juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A diketahui sangat baik untuk kesehatan kulit, seperti membantu memperbaiki kulit, mengurangi jerawat dan menunda timbulnya kerutan.

Selain itu, susu kambing mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US