Mengapa Puasa Bikin Tubuh Lemas Hingga Kepala Pusing? Berikut Penjelasan Ahli
Ilustrasi kepala pusing. (Pixabay)
Health
Nasional

Mengapa Puasa Bikin Tubuh Lemas Hingga Kepala Pusing? Berikut Penjelasan Ahli

Kamis, 15 April 2021 15:38 WIB 15 April 2021, 15:38 WIB

INDOZONE.ID - Mengapa saat berpuasa di bulan Ramadan membuat tubuh menjadi lemas dan bahkan terkadang membuat kepala menjadi pusing? Kondisi itu pun dapat dijawab oleh dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Putri Sakti.

Putri mengatakan bahwa kondisi itu bisa terjadi karena asupan makanan bergizi yang tidak seimbang. Selain itu juga kurangnya asupan cairan.

"Selain makanan jangan lupakan asupan cairan, karena kalau tubuh lemas bukan hanya kurang kalori atau karbohidrat, tetapi juga bisa jadi karena kekurangan cairan," kata Putri dikutip dari Antara, Kamis (15/4).

Putri menuturkan bahwa kita harus meminum air setidaknya 2 liter per hari yang bisa dibagi saat sahur dan berbuka puasa.

Untuk memudahkan pembagiannya, minum segelas air putih setelah bangun tidur, setelah makan sahur, menjelang adzan subuh, saat adzan magrib, setelah makan berat, setelah salat tarawih, dan sebelum tidur.

Asupan cairan juga bisa disiasati dengan makanan berkuah atau buah yang mengandung banyak air seperti semangka.

"Lemas bisa diatasi dengan asupan cairan cukup dan karbohidrat tepat, karbohidrat pilih yang kompleks," ujar dia.

Selain lemas, kepala pusing sering dialami saat sedang berpuasa. Hal ini terjadi karena jam tidur yang berubah saat Ramadan.

Untuk itu, Putri menyarankan agar bisa tidur selama 7-8 jam per hari. Selama Ramadan, cobalah tidur sejam lebih awal agar tidak terlewat makan sahur. Lalu sempatkan tidur selama satu jam setelah salat subuh. Kemudian tidur satu jam saat siang hari.

Artikel Menarik Lainnya:

Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US