3 Manfaat Tersembunyi Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan
Ilustrasi makanan pedas (Pixabay/Chengzhu)
Health
Nasional

3 Manfaat Tersembunyi Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Kamis, 25 November 2021 08:00 WIB 25 November 2021, 08:00 WIB

INDOZONE.ID - Bagi masyarakat Indonesia menyantap makanan pedas sudah menjadi budaya tersendiri. Banyak orang yang bilang tak lengkap kalau makan tanpa cabai ataupun sambal.

Memang tak bisa dimungkiri, rasa pedas kerap mendatangkan sensasi menyenangkan saat bersantap. Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin pada menu-menu pedas mengandung senyawa aktif yang menstimulasi otak agar lebih rileks.

Bahkan menurut riset, makanan pedas terutama karena kandungan capsaicin membawa aneka manfaat buat tubuh. Apa sajakah itu ? Berikut ini tiga di antaranya:

1. Menurunkan gejala maag
Saat kondisi maag kambuh, makanan pedas bakal dijauhi sementara waktu. Padahal sebaliknya, kandungan capsaicin pada makanan pedas justru dapat menurunkan gejala maag.

Leann Poston, dokter dan kontributor untuk Invigor Medical yang dikutip Indozone dari laman Eat This, Not That menyebut capsaicin dapat menghambat produksi asam, meningkatkan aliran darah ke perut, dan meningkatkan produksi lendir. Semua faktor inilah yang sebenarnya mengurangi risiko maag.

2. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa riset melaporkan konsumsi makanan pedas dapat meningkatkan pembakaran energi secara sederhana. Tak hanya itu penelitian lain juga menunjukkan bahwa bahan pedas dapat meningkatkan pembakaran kalori dan lemak atau mengurangi nafsu makan.

Hanya saja peningkatan tersebut terbilang minimal dan tidak mungkin mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan tanpa ada intervensi lain. Namun kamu tetap bisa memasukkan makanan pedas sebagai menu diet dengan catatan harus ditambah dengan aktivitas fisik, kecukupan nutrisi juga istirahat yang berkualitas.

3. Meningkatkan mood
Bukan hanya makanan manis, makanan pedas juga dapat meningkatkan mood. Hal ini sebagaimana yang diungkap pusat riset Northwestern University. Dimana kandungan capsacinoid pada cabai disebutkan dapat merangsang sinyal yang membuat otak melepas hormon endorfin untuk merangsang perasaan nyaman. 
 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US