Timsus Pemprov Sumut dan Manajemen RS Sepakat  Antisipasi Virus Korona
Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan. (ANTARA/Evalisa Siregar)
Health
Kota Medan

Timsus Pemprov Sumut dan Manajemen RS Sepakat Antisipasi Virus Korona

Sabtu, 08 Februari 2020 14:07 WIB 08 Februari 2020, 14:07 WIB

INDOZONE.ID - Tim Khusus Kesiapsiagaan Penyebaran Virus Korona Pemprov Sumatera Utara bersama manajemen sejumlah rumah sakit sepakat melakukan antisipasi penyebaran virus korona.

"Tim khusus sudah bertemu dengan pihak RSU di Sumut untuk memperkuat koordinasi dan menyatukan langkah agar semakin siap siaga mengantisipasi dan menangani serangan virus korona," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan di Medan, Jumat (7/2/2020).

Menurut Alwi, seluruh manajemen rumah sakit di Sumut harus memiliki satu bahasa, pandangan dan satu gerak langkah menanggapi penyebaran virus korona. Alwi juga tidak ingin fasilitas-fasilitas kesehatan membuat masyarakat resah dengan dengan merespons berlebihan terhadap pasien yang diduga terjangkit virus korona.

"Dengan kebersamaan, tidak akan ada kesalahan merespons n-CoV atau gagap menanggapi virus itu.Gubernur Sumut sangat serius menangani penyebaran virus tersebut," ujarnya.

Berdasarkan  Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus dari Kementerian Kesehatan RI, ciri-ciri orang yang terjangkit virus korona antara lain, menderita demam hingga suhu tubuh mencapai 38 derajat Celsius atau memiliki riwayat deman, batuk/pilek, nyeri tenggorokan, pnemonia ringan hingga berat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Medan, Priagung Adhi Bawono mengatakan Indonesia sudah melakukan persiapan penyebaran virus korona. Bahkan pemerintah Indonesia sudah memprediksi adanya wabah global yang akan menyerang manusia. Untuk mengatasi virus korona, pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan bebarapa peraturan seperti UU dan surat edaran.

“KKP sudah memprediksikan adanya wabah jauh sebelum n-CoV karena sudah beberapa kali terjadi seperti SARS dan MERS," katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Tonggo Simangunsong
Budi Setiawan

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU