Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Tubuh
Ilustrasi buah nanas (Pixabay)
Health
Nasional

Jarang Diketahui, Ini 4 Manfaat Buah Nanas yang Baik Bagi Tubuh

Selasa, 12 Oktober 2021 17:24 WIB 12 Oktober 2021, 17:24 WIB

INDOZONE.ID - Buah nanas termasuk jenis buah yang punya segudang manfaat bagi tubuh. Buah yang dagingnya berwarna kuning ini mengandung nutrisi, antioksidan dan senyawa yang dapat melawan peradangan dan penyakit.

Namun sayangnya tak banyak yang tahu manfaat buah ini. Kebanyakan orang justru menghindari nanas karena rasanya yang cenderung asam. 

Mengutip dari Cleveland Clinic, yuk simak manfaat buah nanas yang baik bagi tubuh!

1. Menyehatkan saluran pencernaan
Buah nanas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat sangat baik untuk menjaga keterseimbangan saluran pencernaan. Kandungan bromelain di dalam nanas juga memiliki fungsi serupa. Karena itu, buah satu ini seringkali dijadikan sebagai makanan penutup yang menyehatkan.

2. Mempercepat pembentukan jaringan tubuh
Nanas adalah satu-satunya buah yang diketahui mengandung bromelain. Bromelain adalah enzim yang bisa membantu penyembuhan kulit dan jaringan.

Enzim ini juga membantu menghasilkan zat yang bisa memerangi rasa sakit dan pembengkakan. Oleh karena itu buah nanas dapat membantu penyembuhan kulit pasca operasi atau cedera.

3. Melawan peradangan tubuh
Kandungan bromelain dalam nanas juga bisa membantu tubuh untuk mengurangi reaksi peradangan. Bahkan bagian inti nanas yang banyak mengandung bromelain dipercaya bisa melawan peradangan dan menekan pertumbuhan tumor tertentu.

4. Pereda nyeri dan radang sendi
Kekuatan anti-inflamasi bromelain dalam nanas dapat meredakan nyeri bagi penderita osteoartritis. Jika kamu mengalami nyeri sendi akibat osteoartritis, cobalah menambahkan nanas ke dalam makanan. Namun, kamu tetap harus mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter.
 

Artikel Menari Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU