Normalkah Muncul Rasa Lapar Setelah 2-4 Jam Sahur? Berikut Kata Ahli Gizi
Ilustrasi perut lapar. (Pixabay)
Health
Nasional

Normalkah Muncul Rasa Lapar Setelah 2-4 Jam Sahur? Berikut Kata Ahli Gizi

Rabu, 14 April 2021 14:56 WIB 14 April 2021, 14:56 WIB

INDOZONE.ID - Bagi sebagian orang terkadang kerap kali mengalami rasa lapar 2-4 jam setelah melakukan makan sahur. Lalu, apakah kondisi demikian bisa disebut normal?

Melansir Antara, Rabu (14/4), dokter spesialis gizi klinik lulusan Universitas Hasanuddin Makassar, Tirta Prawita Sari mengatakan rasa lapar yang muncul 2-4 jam setelah makan sahur terjadi karena makanan di dalam tubuh sudah mulai habis dan insulin dalam tubuh menurun.

Lalu, kata dia, ada hormon yang memberitahu otak kalau lambung sudah kosong dan menuntut untuk diisi.

"Saat sahur, 2-4 jam kemudian merasa lapar. Ini penanda makanan habis, insulin turun lagi. Ada hormon yang memberitahu otak bahwa lambung sudah kosong dan menuntut untuk diisi. Setelah 4 jam responnya, mengeluarkan cadangan yakni glikogen," jelas Tirta.

"Cadangan ini biasanya habis dalam 12 jam, setelah itu glukagon berkerja mencari dan memecahkan cadangan energi dari sumber lainnya dan paling banyak sekali dalam tubuh adalah lemak," lanjut dia.

Tirta menjelaskan setelah 10 jam berpuasa, lemak akan terpecah sehingga kadarnya mulai meningkat. Lalu dua jam kemudian atau 12 jam berpuasa sampai pada titiknya.

Inilah yang menjadi alasan mengapa di tengah-tengah puasa muncul rasa lapar, kemudian normal lagi, lalu kembali lapar dan normal kembali saat dekat waktu berbuka puasa.

"Karena setelah 12 jam asam lemak yang menjadi pecahan sumber energi mulai mencapai puncak sehingga energi lagi bagus-bagusnya makannya segar lagi," terang dia.

Artikel Menarik Lainnya;

TAG
Nanda
Nanda

Nanda

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US