Meski Pedas, Ini 3 Manfaat Sambal yang Baik Bagi Kesehatan
Ilustrasi sambal (Pixabay)
Health
Nasional

Meski Pedas, Ini 3 Manfaat Sambal yang Baik Bagi Kesehatan

Rabu, 27 Oktober 2021 16:48 WIB 27 Oktober 2021, 16:48 WIB

INDOZONE.ID - Sambal adalah pelengkap makanan yang terbuat dari ulekan cabai dan buah tomat. Sajian yang satu ini sangat digemari oleh orang Indonesia pada umumnya. Meski begitu ada juga orang yang tak suka dengan sambal.  

Sebab rasa pedas sambal seringkali menjadi penyebab sakit perut bagi beberapa orang. Namun tahukah kamu sambal ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan.

Mengutip informasi kesehatan yang direview oleh dr. Yusra Firdaus di laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berikut 3 manfaat sambal yang baik bagi kesehatan. 

1. Menghilangkan rasa sakit 
Siapa sangka sambal ternyata bisa membantu meredakan nyeri dalam tubuh. Manfaat sambal yang satu ini rupanya berasal dari kandungan capsaicin pada cabai.

Capsaicin adalah senyawa kimia aktif yang memberikan sensasi pedas dan penas. Namun jangan salah, capsaicin pada cabai juga memiliki sifat analgesik yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh.

2. Meningkatkan proses metabolisme
Kandungan Vitamin C dalam sambal dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu kandungan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka, dan memaksimalkan penyerapan zat besi.

Tak hanya itu vitamin C juga merupakan antioksidan yang ampung menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan tulang.

3. Menurunkan berat badan
Makanan pedas dapat membuat kamu menahan nafsu makan yang berlebihan. Setelah makan pedas, kamu akan lebih mudah menahan diri dari makan makanan berlemak, asin, atau manis sehingga berat badan lebih mudah dikendalikan.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan peneliti asal UCLA Center for Human Nutrition, Los Angeles pada tahun 2010, mengungkap para ahli menemukan bahwa kandungan DCT pada cabai dapat meningkatkan proses oksidasi lemak dalam tubuh, bahkan hingga 2 kali lipat.

Semakin cepat proses oksidasi lemak, maka tubuh akan membakar lebih banyak lemak. Maka tak heran jika berat badan akan jadi lebih cepat turun karenanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Aqmarul Akhyar
Anisa Rizwani
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US